Wapres Maruf Amin Ajak Santri Berperan Tanggulangi COVID-19

| Jum'at, 22/10/2021 19:50 WIB
Wapres Maruf Amin Ajak Santri Berperan Tanggulangi COVID-19 Peringatan Hari Santri Nasional oleh para santri. (Foto: twitter @HariSantri_ID)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin mengajak para santri untuk ikut berperan dalam penanggulangan COVID-19 di berbagai daerah. Salah satunya dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan dan ikut vaksinasi.

"Dalam perjuangan bangsa menanggulangi pandemi COVID-19, kaum santri juga berperan dalam memberikan teladan dan keyakinan kepada masyarakat tentang pentingnya disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi," kata Kiai Maruf dalam acara Peringatan hari Santri Nasional 2021 di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 22 Oktober 2021.

Menurut Wapres, teladan para santri untuk turut menyukseskan pandemi COVID-19 selaras dengan tema Hari Santri Nasional 2021 yakni Santri Siaga Jiwa dan Raga. "Semangat dan keteladanan inilah yang menjadi esensi dari tema Santri Siaga Jiwa dan Raga," ujarnya.

Tak hanya ikut dalam penanggulangan COVID-19, Kiai Maruf juga mengajak para santri untuk berperan dalam upaya pengembangan ekonomi keuangan syariah di mana pada masa pandemi tahun 2020 lalu mengalami peningkatan menggembirakan. "Tahun 2020 kita juga menyaksikan perkembangan ekonomi syariah yang cukup menggembirakan. Saat ini ekonomi syariah tidak lagi sekedar menjadi pilihan bagi komunitas muslim saja, tetapi juga telah menjadi salah satu penopang kekuatan ekonomi nasional," terangnya.

Peran dan pengabdian para santri, lanjut Kiai Maruf, selalu hadir dalam setiap tahap pembangunan bangsa Indonesia, mulai dari zaman perjuangan hingga era kemajuan saat ini. "Kaum santri dan seluruh sub-kultur pesantren selalu hadir dalam setiap langkah kebangsaan dan pembangunan kita, sejak era pergerakan menuju kemerdekaan hingga era merajut kemajuan seperti pada masa sekarang ini," tuturnya.

Tags : Hari Santri Nasional , Wapres , Maruf Amin , Santri

Berita Terkait