Kembangkan Kuliner Khas Daerah, Gus Menteri Minta BUMDes Libatkan SMK

| Jum'at, 29/10/2021 19:32 WIB
Kembangkan Kuliner Khas Daerah, Gus Menteri Minta BUMDes Libatkan SMK Menteri Desa PDTT Halim Iskandar melakukan kunker ke Jombang, Jawa Timur (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengatakan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa menjadi pintu distribusi berbagai kuliner khas daerah termasuk yang diproduksi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“Semakin ke sini ternyata kuliner semakin berkembang. Semua orang masuk daerah yang ditanya ya kulinernya meskipun bahannya sama," kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam keterangan persnya, Jumat 29 Oktober 2021.

Menurut Gus Menteri-sapaan akrabnya, kuliner khas daerah selalu menjadi bagian tak terpisahkan dari pengembangan wisata desa, "Jadi bisnis kuliner memiliki peluang besar untuk terus berkembang,” tambahnya.

Gus Menteri mengungkapkan BUMDEs bisa menjadi pintu distribusi berbagai kuliner khas daerah termasuk yang diproduksi anak-anak SMK. Ia yakin bahwa hasil karya ini dapat terus dikembangkan dengan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang semakin berkualitas.

"SDM kita harus siap. Tantangan, harapan, peluang, manajemen harus didukung SDM," ungkapnya.

Dalam kunjungannya ke Jombang, Jawa Timur, Gus Menteri teringat saat menjadi Kepala Sekolah pada tahun 1996-1999 silam. Ia juga memberikan semangat kepada para guru dan siswa SMK Sultan Agung Tebuireng, Jombang agar mengembangkan kemampuan di era teknologi. SMK Sultan Agung Tebuireng, Jombang menjadi salah satu tempat berkarier politisi PKB itu.

"Saya memang sudah berniat untuk kembali ke Jombang meski ada tawaran ke tempat lain karena mendidik itu juga ibadah," pungkasnya.

Tags : Kemendesa PDTT , BUMDes