Jokowi: Kunci Ekonomi 2022 Mampu Kendalikan Pandemi Covid-19

| Kamis, 18/11/2021 16:05 WIB
Jokowi: Kunci Ekonomi 2022 Mampu Kendalikan Pandemi Covid-19 Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (gambar: gurupendidikan.co.id)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Kompas100 CEO Forum 2021, secara virtual di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/11/ 2021).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan, di tengah ketidakpastian dan kompleksitas masalah dunia saat ini, kunci dari pertumbuhan ekonomi di tahun 2022 hanyalah pengendalian pandemi COVID-19.

“Kunci ekonomi di tahun 2022 hanya satu kuncinya, kita bisa mengendalikan yang namanya COVID-19. Kuncinya hanya itu. Kalau tidak bisa kita Kalau tidak bisa kita kendalikan, ekonominya akan turun dan terpuruk lagi,” kata Presiden Jokowi.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi mengingatkan semua pihak untuk terus berhati-hati dalam menghadapi pandemi sehingga tidak terjadi gelombang berikutnya seperti yang terjadi di sejumlah negara di dunia.

Pembukaan berbagai aktivitas masyarakat, imbuhnya, harus dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan perkembangan situasi pandemi, “Saya selalu sampaikan kepada menteri, kepada daerah, bukanya harus tahapan, tahapan, tahapan. Tidak usah tergesa-gesa membuka semuanya. Dilihat bagaimana positivity rate-nya seperti apa. Belum cukup, lihat juga BOR-nya di rumah sakit seperti apa, cek lagi testing dan tracing di setiap daerah seperti apa, semuanya. Memang kita harus hati-hati,” ujarnya.

Setelah mengalami puncak kasus COVID-19 pada pertengahan tahun ini, jelas Presiden Jokowi, saat ini situasi pandemi di tanah air sudah terkendali dengan kasus harian berkisar 300-500 kasus.

“Kuncinya menurut saya adalah gotong royong, kerja bersama-sama, solidaritas antarseluruh elemen bangsa. Kuncinya ada di situ dan itu sudah kita tunjukkan di bulan Juli, Agustus, September, dan kita bisa melakukan itu,” tuturnya.

Tags : Pandemi Covid19 , Pertumbuhan Ekonomi

Berita Terkait