Presiden Jokowi Ungkap Tiga Fokus Indonesia sebagai Presidensi G20

| Rabu, 01/12/2021 20:37 WIB
Presiden Jokowi Ungkap Tiga Fokus Indonesia sebagai Presidensi G20 Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia sebagai pemegang Presidensi G20 pada 2022 akan fokus pada tiga isu strategis, yakni penanganan kesehatan yang inklusif, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi menuju energi berkelanjutan. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam seremoni pembukaan Presidensi Indonesia G20 di Jakarta, rabu, 1 Desember 2021.

"Dalam Presidensi G-20 Indonesia akan fokus pada tiga hal, pertama penanganan kesehatan yang inklusif, kedua transformasi berbasis digital, ketiga transisi menuju energi berkelanjutan,” kata Jokowi.

Disampaikannya, selama memegang Presidensi G20 Indonesia akan mengusung tema recover together, recover stronger. Tema tersebut secara harafiah bermakna `Pulih Bersama, Pulih Lebih Kuat`.

Presiden Jokowi juga menanggap Presidensi G20 adalah kepercayaan dan kehormatan bagi Indonesia. Karena itu, kepercayaan tersebut merupakan kesempatan bagi Inodnesia untuk berkontribusi lebih besar terhadap pemulihan ekonomi dunia.

Pada kesempatan itu, Jokowi menekankan bahwa Indonesia akan berusaha membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih adil, dan berkelanjutan, berdasarkan kemerdekaan dan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

"Indonesia berusaha membangun tata kelola dunia yang lebih adil. Indonesia berusaha memperkuat solidaritas dunia mengatasi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan, dan menggalang komitmen negara maju untuk membantu negara berkembang," tuturnya.

Tags : Presidensi G20 , Jokowi , Indonesia