Ketua DPR RI Dorong `Booster` Vaksin COVID-19 Gratis

| Selasa, 04/01/2022 18:58 WIB
Ketua DPR RI Dorong `Booster` Vaksin COVID-19 Gratis Vaksin Covid (Doc: Klik Dokter)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani mendukung program booster vaksin COVID-19 yang akan dilaksanakan pemerintah awal tahun ini. Untuk itu, Puan berharap booster vaksin COVID-19 ini dapat diberikan secara gratis pada masyarakat.

Ditegaskannya, keselamatan masyarakat adalah hal utama. Sehingga, program booster vaksin COVID-19 harus diberikan secara merata kepada masyarakat.

“DPR RI memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan program booster vaksin Covid-19. Dan kami harapkan booster vaksin diberikan tanpa ada pungutan bayaran. Pemerintah harus menjamin keselamatan masyarakat. Karena itu vaksin booster perlu diusahakan gratis untuk warga, terutama rakyat kecil,” kata Puan dalam keterangan persnya, Selasa, 4 Januari 2022.

Akan tetapi, perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI itu tidak memaksakan kesanggupan pemerintah menggratiskan booster vaksin tersebut. Menurutnya, pemerintah bisa menyiapkan opsi lain jika hal itu mengganggu perekonomian nasional.

"Tapi prinsip utama, vaksin booster harus gratis karena vaksin adalah kebutuhan dasar rakyat yang merupakan tanggung jawab negara," ujarnya.

Disampaikannya, program booster vaksin diprioritaskan menyasar kelompok lansia peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan dan non-PBI. DPR RI berharap Pemerintah memperhatikan betul data peserta PBI BPJS Kesehatan, mengingat kelompok masyarakat ini paling sulit mendapatkan akses kesehatan.

“Pastikan seluruh rakyat kurang mampu masuk dalam daftar PBI BPJS Kesehatan, baik itu lansia atau golongan umum. Sehingga masyarakat dari kelompok tersebut mendapat pelayanan kesehatan, tanpa perlu mengkhawatirkan biaya,” tuturnya.

Tags : DPR RI , Vaksin , COVID-19 , Booster , Indonesia