Komisi VIII DPR Minta Pemerintah Beri Penjelasan Soal Haji 2022 Mendatang

| Sabtu, 05/02/2022 18:04 WIB
Komisi VIII DPR Minta Pemerintah Beri Penjelasan Soal Haji 2022 Mendatang Marwan Dasopang (Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKB). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah diimbau untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait kepastian penyelenggaraan ibadah haji 2022 mendatang. Hal ini untuk menghindari hoaks di tengah masyarakat terkait penyelenggaraan haji 2022 ini.

Menurut Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang, hingga saat ini, pemberangkatan Haji Tahun 2022 mendatang belum dapat dipastikan oleh Pemerintah Arab Saudi.

"Bagi kami (Komisi VIII) ini penting, karena kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi terkait haji ini kita belum tahu seperti apa. Tapi paling tidak dari pemerintah sudah  memberi gambaran kepada masyarakat terkait kuota daftar tunggu calon jemaah haji, kata Marwan Dasopang di Surabaya, Jumat 4 Februari 2022 kemarin.

Terkait hal ini, menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut, belum ada keputusan yang dapat diambil, namun setidaknya dari hasil Kunjungan Komisi VIII DPR RI ke Jatim pada hari ini dapat memberi gambaran untuk nantinya dibahas dan didiskusikan di dalam rapat Panja Komisi VIII DPR RI bersama dengan pemerintah.

"Bagaimana cara membaginya itu perlu kita didiskusikan, namun nanti di dalam Panja bersama pemerintah kita sudah punya gambaran seperti apa," ungkap Marwan.

Pada prinsipnya Komisi VIII DPR RI, lanjut politisi dapil Sumatera Utara II itu, jika nantinya sikap yang diputuskan adalah calon jemaah haji tidak berangkat 100 persen, representasi dari wilayah dan juga proporsional, maka sikap yang akan diambil adalah merubah SISKOHAT.

“Dan yang penting juga harus dilakukan pendekatan antara pihak pemerintah Arab Saudi dan juga sosialisasi ke masyarakat mengenai hal ini,” tukasnya.

 

Tags : PKB , Marwan Dasopang , Komisi VIII DPR