Menkes Tegaskan Indonesia Masih Perang Lawan COVID-19, Ajak Masyarakat Segera Vaksinasi

| Selasa, 08/02/2022 20:07 WIB
Menkes Tegaskan Indonesia Masih Perang Lawan COVID-19, Ajak Masyarakat Segera Vaksinasi Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengingatkan masyarakat bahwa Indonesia masih berperang melawan pandemi COVID-19. Disampaikannya, konsep yang diterapkan dalam perang lawan COVID-19 adalah konsep pertahanan semesta.

"Kita masih berperang. Saya percaya Indonesia sudah berapa kali perang selalu menang. Yang penting kita mau kompak bekerja sama. Kita memanfaatkan konsep pertahanan semesta," kata Budi saat meninjau vaksinasi COVID-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 8 Februari 2022.

Diungkapkannya, konsep pertahanan semesta merupakan strategi di mana rakyat yang paling berperan menentukan kalah atau menang. Peta kekuatan terbesar Indonesia, ujarnya, bukan berada pada kekuatan yang dimiliki pemerintah, tapi kebersamaan masyarakat dalam menghadapi SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Menkes Budi menuturkan, peralatan perang yang kini tersedia seperti penggunaan masker hingga vaksinasi COVID-19 yang harus segera dimanfaatkan oleh masyarakat. "Kita bisa mengatasi perang menghadapi pandemi ini, tetapi bukan di kita kekuatannya, kekuatannya ada di rakyat semua, ada di masyarakat semua. Senjatanya apa?, bukan pistol, bukan bom, senjatanya adalah pakai masker dan cepat divaksin," imbuhnya.

Tags : Menkes RI , COVID-19 , Vaksinasi , Indonesia