Kejurnas dan Festival ke IV Pagar Nusa, Kali Ini Digelar Secara Virtual

| Sabtu, 05/03/2022 09:54 WIB
Kejurnas dan Festival ke IV Pagar Nusa, Kali Ini Digelar Secara Virtual Kejurnas dan Festival IV Pagar Nusa (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pimpinan Pusat Pagar Nusa menggelar kegiatan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan Festifal IV, Di Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, 4-6 Maret 2022. Kerjurnas dan Festival kali ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya, yakni dilakukan dengan daring dan luring. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerumunan masa dan taat protokol kesehatan pandemi Covid-19.

"Di tengah pandemi Covid-19 ini memang ada banyak hal yang harus kita sesuaikan untuk mengurangi persebaran Covid-19. Diataranya mengurangi kerumunan masa untuk memenuhi protokol kesehatan. ujar Ketua Umum Pagar Nusa Gus Nabil Haroen, saat memberi sambutan, Jumat 4 Maret 2022.

Oleh karena itu sambungnya, untuk sesi yang sifatnya tidak tanding kita laksanakan secara daring. Kegiatan tersebut merupakan kejurnas daring yang pertama yang dilakukan Pagar Nusa.

Kejurnas dan Festifal ke IV Pagar Nusa yang diikuti sebanyak 22 kontingen merupakan delegasi dari pengurus wilayah, cabang hingga cabang istimewa luar negeri.

“Saya bersyukur karena dengan kejurnas yang sifatnya daring ini juga kemudian bisa membangkitkan atau melahirkan partisipasi tidak hanya dari pengurus wilayah seluruh Indonesia namun juga dari pimpinan cabang istimewa kita di luar negeri,” terangnya.

Dari sekian Kontingen yang berpastisipasi, Pimpinan Wilayah Jawa Tengah mengirim jumlah atlet terbanyak.

“Alhamdulillah pada periode ini masa khidmat 2017-2022 kita bisa menyelenggarakan dua kali kejuaraan nasional," kata Gus Nabil Haroen.

Pria yang akrab disapa Gus Nabil mengatakan Kejurnas ini merupakan capaian yang harus dipertahankan. Baginya, dengan kejuaraan seperti ini bisa menghasilkan atlet-atlet yang berkualitas. Kejuaraan yang mampu membawa harumnya nama Pagar Nusa, nama Nahdlatul Ulama dan tentunya nama Indonesia.

Pimpinan Pusat Pagar Nusa berharap pada momen Kejurnas, tidak hanya menghasilkan atlet terbaik, namun juga diharapkan menghasilkan penjurian yang adil dan profesional. Atlet dan juri adalah kunci menuju kualitas kejuaraan yang bermutu dan berkualitas.

“Alhamdulillah kita harapkan hasil dari kejurnas yang virtual ini betul-betul bisa menghasilkan atlet terbaik, saya juga berharap para dewan wasit juri bisa betul-betul bisa menghasilkan penjurian yang profesional yang adil," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia, Gus Sastro menyampaikan sudah sekian lama kita bertanding melawan Pandemi Covid-19. Serta bermacam usaha, ikhtiar terbaik telah lakukan bersama. Berharap seluruh elemen bangsa bersatu padu dengan segenap kemampuan yang ada untuk bisa melewati masa sulit ini.

"Kita Pendekar Pagar Nusa dengan mantra La Ghaliba Illa bilLah telah menancapkan keyakinan bahwa sesungguhnya kemenangan, pertolongan dan kekuatan hanya semata dari Allah, ikhtiar untuk tetap sehat jiwa dan raga," lanjutnya.

Gus Sastro menambahkan, kalimat "tidak ada yang menang (mengalahkan) kecuali dengan pertolongan allah" baik dimasa pandemi atau tidak, sudah menjadi suluk kita bersama.

"Terpenting menjaga silaturrahim antar pendekar pagar nusa dengan pertandingan persahabatan, kejuaraan dan gelanggang gelanggang silat, seolah menjadi hari raya bersama,” tutup Sastro. 

Tags : Pagar Nusa , NU

Berita Terkait