Dukung Perhelatan MotoGP, BNPB Gelar Vaksinasi Booster di Kawasan Lombok

| Minggu, 13/03/2022 21:10 WIB
Dukung Perhelatan MotoGP, BNPB Gelar Vaksinasi Booster di Kawasan Lombok Vaksin Booster. (Foto: covidgoid)

RADARBANGSA.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendorong penguatan vaksinasi melalui program dukungan percepatan vaksinasi yang dilakukan serentak di kawasan Lombok mulai Tanggal 12-17 Maret 2022 mendatang.

Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Suharyanto mengatakan, program kegiatan vaksinasi itu dilakukan sebagai antisipasi adanya potensi ancaman COVID-19 dari kedatangan wisatawan lokal maupun mancanegara dalam perhelatan akbar skala dunia, MotoGP 2022 yang akan digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, pada 18-20 Maret.

 

"Program ini terdiri dari pos vaksin statis (pos tetap) dan pos vaksin bergerak (mobile), sehingga masyarakat yang jauh dari pos statis tidak perlu mendatangi lokasi vaksinasi, karena tim vaksinator yang akan ‘jemput bola’ dan menjangkau masyarakat di beberapa desa yang telah ditentukan," kata Suharyanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu 13 Maret 2022.

Sementara itu, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyampaikan, dalam pelaksanaannya, sebanyak 50 vaksinator yang terbagi dalam 10 tim berangkat dari Posko utama yang berada di Rumah Sakit Mandalika, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

"Tim yang terdiri dari 5 orang anggota itu juga didampingi oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas dari masing-masing desa guna membantu pengamanan sekaligus mengumpulkan masyarakat sebagai peserta vaksinasi," ungkapnya.

Menurut Muhari, vaksin yang diberikan itu adalah vaksin dosis pertama, kedua maupun vaksin lanjutan atau booster dengan target 80 peserta dari masing-masing desa. Jenis vaksin yang diberikan adalah Prizer, Moderna dan Astrazeneca.

"Masyarakat yang telah divaksin juga akan tercacat di Aplikasi PeduliLindungi dan memperoleh sertifikat digital," katanya.

Tags : BNPB , Vaksin Booster