Pemerintah Ajak Masyarakat Beli Produk Lokal

| Rabu, 23/03/2022 22:35 WIB
Pemerintah Ajak Masyarakat Beli Produk Lokal Pengusaha UMKM. (Foto: intitrada)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong masyarakat untuk membeli dan memakai produk buatan lokal sebagai upaya mempercepat kebangkitan ekonomi dan memperluas peluang kerja.

“Bangga Buatan Indonesia (BBI), jangan cuma bangga, tapi beli buatan Indonesia. Jadi kita jangan jadi Rohali (Rombongan Hanya Lihat-lihat), atau Rihana (Rombongan hanya nanya-nanya), kita semua harus jadi Rojali (Rombongan Jadi Belanja dan Beli),” kata Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga dalam rilisnya, Rabu 23 Maret 2022.

Sandiaga mengatakan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kementerian dan Lembaga dalam ratas terbatas (ratas) sebelumnya telah mendorong untuk melakukan percepatan, dengan menghapuskan persyaratan yang menghambat penggunaan produk dalam negeri, dan produk UMKM serta koperasi.

“Presiden Jokowi ingin mendorong kewirausahaan sebagai bentuk bagian dari tatanan ekonomi baru pascapandemi. Sehingga dapat membuka lapangan kerja dan peluang usaha, menuju kebangkitan ekonomi,” ujarnya.

Menurut Sandiaga, sektor UMKM terbukti mampu menyerap 97 persen tenaga kerja di Indonesia. Kontribusi Sektor Ekonomi Kreatif terhadap ekspor pun mencapai 15,06 miliar dolar AS, “Sementara dari sisi penciptaan kerja sektor ekonomi kreatif mampu menghadirkan 18,7 juta kesempatan kerja pada tahun 2021,” tukasnya.

Tags : Produk Dalam Negeri

Berita Terkait