Survei Jari Rakyat: Gus Muhaimin Capres Idola Pilihan Nahdliyin

| Kamis, 14/04/2022 22:24 WIB
Survei Jari Rakyat: Gus Muhaimin Capres Idola Pilihan Nahdliyin Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) . (foto: radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) muncul sebagai calon presiden ( capres) 2024 idola yang diinginkan kalangan Nahdliyin. Berdasarkan hasil survei Jaringan Informasi Rakyat (Jari Rakyat) Gus Muhaimin unggul jauh atas nama-nama kandidat lainnya.

Gus Muhaimin memperoleh 24,5% suara. Disusul Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto 17,9%, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 17%, Ketua DPR RI Puan Maharani 9,5%, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 9%.

“Munculnya nama Muhaimin Iskandar cukup menarik ya, beliau juga santri, Islam tradisionalis dan malang melintang dangan kiai-kiai NU, jadi dia tetap menjadi idola warga Nahdliyin,” kata peneliti muda Jari Rakyat Aji Fadil, Kamis, 14 April 2022.

Selain itu, Aji menyebut Gus Muhaimin memiliki kedekatan emosional cukup baik dengan NU. Sebab itu cicit salah satu pendiri NU KH. Bisri Syansuri ini menempati pilihan strategis sebagai capres 2024.

“Peran ketua partai beliau juga sangat strategis ya, karena gerakannya bukan cuma kedekatan dengan kiai, tapi juga mesin partai beliau ini juga kuat,” ungkapnya.

Selain itu, banyaknya deklarasi dan dukungan dari sejumlah kelompok masyarakat di berbagai daerah juga menjadi faktor tingginya popularitas Wakil Ketua DPR RI itu, terutama di kalangan Nahdliyin.

“Saya juga melihat di daerah muncul deklarasi-deklarasi, seperti Gaspoll ini dalam beberapa waktu terakhir gencar melakukan kegiatan dengan menggandeng kalangan muda, ini tentu berdampak juga pada popularitas Gus Muhaimin,” ujarnya.

Meski begitu, Aji mengaku cukup terkejut dengan popularitas Prabowo Subianto yang menempel di posisi kedua sebagai capres idola Nahdliyin. Pasalnya Prabowo sejauh ini ia sebut cukup minim menjalin komunikasi dengan para tokoh-tokoh NU di banding lainnya.

“Capres-capres lain yang kurang berkomunikasi dengan kiai-kiai cukup banyak, contohnya Prabowo. Tapi cukup mengherankan dia juga menempati urutan kedua di bawah Gus Muhaimin,” tukasnya.

Polling ini dilakukan pada 31 Maret-7 April 2022 dan diikuti oleh 2780 responden dengan menggunakan media google form. Menurut Aji, polling adalah survei paling sederhana dan metode ini juga paling sering dilakukan oleh lembaga survei.

“Kita sebar secara acak dan proporsional melalui medsos dan media lainnya,” tuturnya.

Berikut hasil lengkap survei Jari Rakyat tentang capres idola Nahdliyin:

1. Muhaimin Iskandar 24,5%

2. Prabowo Subianto 17,9%

3. Ganjar Pranowo 17%

4. Puan Maharani 9,5%

5. Anies Baswedan 9,4%

6. AHY 6,2%

7. Ridwan Kamil 4,5%

8. Airlangga Hartarto 4,2%

9. Erick Thohir 2,7%

10. Tokoh lain 2,1%

Tags : Survei , Nahdliyyin , Gus Muhaimin , Jari Rakyat