Siap Layani Jamaah Haji 2022, 98 PPIH Kemenkes Ikuti Pembekalan

| Selasa, 10/05/2022 17:27 WIB
Siap Layani Jamaah Haji 2022, 98 PPIH Kemenkes Ikuti Pembekalan Kabah (foto: AFP)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia tidak memberangkatkan haji setelah dua tahun karena Pandemi Covid-19. Pada tahun ini, Pemerintah kembali memberangkatkan jamaah haji dengan kuota sekitar 100.051 jamaah.

Sejumlah persiapkan telah dilakukan Pemerintah guna memastikan penyelenggaraan haji yang aman dan sehat termasuk menyiapkan petugas haji bidang kesehatan.  

“Pada pagi hari ini, 10 Mei 2022 pukul 07.00 WIB Pembekalan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi Bidang Kesehatan Tahun 2022 resmi dibuka,” kata Kepala Lakespra dr. Saryanto Marma TNI, dr. Swasono, Sp THT (KL).

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kunta Wibawa Dasa Nugara menyatakan bahwa berdasarkan data evaluasi penyelenggaraan ibadah haji tahun 15 tahun terakhir, angka kematian jamaah haji Indonesia masih sangat tinggi, mencapai 2 mil per tahunnya. Dengan kuota jamaah sekitar 220 ribu maka sekitar 300-400 jamaah yang meninggal per tahunnya.

Kemenkes sendiri telah melakukan identifikasi penyebab tingginya angka kematian jamaah haji Indonesia. Berdasarkan catatan medis, kematian jamaah haji disebabkan dua faktor utama yakni usia dan perilaku jamaah.

“Perilaku ini menyebabkan jamaah kelelahan karena ritual ibadah yang tidak disesuaikan dengan kondisi fisik jamaah terutama yang berusia lanjut,” ungkap Sekjen.

Karenanya, lanjut Sekjen, sangat penting untuk menyiapkan petugas kesehatan haji yang cekatan dan trengginas (lincah dan terampil) dalam memberikan layanan kesehatan terutama pada kelompok yang berisiko tinggi seperti lansia dan orang dengan penyakit penyerta.

“Sebagai “pelayan tamu Allah”, para petugas haji mengemban tanggung jawab yang besar dan mulia untuk menjaga kesehatan jamaah dengan harapan mampu menekan angka kematian jamaah haji di tanah suci,” imbuhnya.

 

Tags : Haji 2022 , Kemenkes