Usung Misi Ketahanan Adat Lokal, Kemendes PDTT Apresiasi FSKN

| Selasa, 24/05/2022 21:17 WIB
Usung Misi Ketahanan Adat Lokal, Kemendes PDTT Apresiasi FSKN Sekjen Kemendes PDTT, Taufik Madjid (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Taufik Madjid menerima Audiensi Forum Silaturrahmi Keraton Nusantara di Ruang Rapat Eksekutif Kementerian Desa PDTT, Jakarta, Senin 23 Mei 2022 kemarin.

Dalam kesempatan itu, Taufik Madjid mengapresiasi keberadaaan Forum Silaturrahmi Keraton Nusantara (FSKN) yang mengusung misi ketahanan adat lokal demi menguatkan asas rekognisi serta mejaga kemandirian budaya desa.

"Melalui tokoh adat, tokoh agama, aparat di desa, akan mampu mendorong keutuhan sejarah serta melestarikan budaya desa,” kata Taufik.

Menurut Taufik, jika pembangunan desa harus bertumpu pada sejumlah hal. Selain pada potensi lokal, juga harus merekognisi kebudyaan lokal desa sebagai identitas kultural yang harus terus dipelihara.

“Kekayaan budaya lokal yang dimiliki desa bisa dijadikan tumpuan pembangunan ekonomi yang ujungnya akan meningkatkan ekonomi masyarakat desa,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum FSKN, AA Mapparessa menyatakan kesiapan jadi perpanjangan tangan setiap kebijakan Kemendes PDTT untuk mendorong pembangunan aset budaya dan sejarah desa-desa yang berimplikasi pada ketahanan ekonomi desa yang berkelanjutan di masa depan.

“Kami berharap adanya kolaborasi dengan Kemendes ini bernilai positif, karena selama ini yang kami inginkan, agar anak-anak kami di desa khususnya, terjaga dari infiltrasi budaya luar yang dapat menggeser budayanya sendiri, serta kami siap menjadi partner pembangunan Kemendes terhadap aset-aset desa, dan yang terpenting potensi SDM dan SDA di daerah mampu memberikan karya-karya terbaiknya pada Indonesia,” ungkap Mapparessa.

Tags : Kemendesa PDTT , DWP Kemendesa , SDGs Desa