Presiden Jokowi Tanam Bibit Sorgum di Kabupaten Sumba

| Kamis, 02/06/2022 21:28 WIB
Presiden Jokowi Tanam Bibit Sorgum di Kabupaten Sumba Sorgum (foto: sdsinstitute.org)

RADARBANGSA.COM – Dalam lawatannya ke Nusa Tenggara Timur (NTT), Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan penanaman bibit dan meninjau panen sorgum di Kabupaten Sumba, Kamis, 2 Juni 2022.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengatakan, tanaman sorgum di Kabupaten Sumba Timur telah diuji tanam pada lahan seluas 60 hektare dan menghasilkan minimal lima ton untuk setiap hektare.

“Kita melihat sendiri hasilnya, seperti tadi kita lihat sangat baik, secara ekonomian juga masuk, bisa merekrut banyak sekali SDM tenaga kerja kita. Hasilnya per hektare per tahun bisa bersih kurang lebih Rp50-an juta, ini juga sangat bagus. Artinya, kalau dibagi 12, per bulan sudah mencapai kurang lebih 4 jutaan, ini kan juga sebuah hasil yang tidak kecil,” ujar Presiden Jokowi.

Melihat potensi tanaman sorgum di NTT khususnya Sumba Timur, Presiden Jokowi memerintahkan Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan Bupati Sumba Timur Khristofel Praing untuk menyiapkan lahan untuk menanam tanaman ini.

“Saya tadi memerintahkan kepada Gubernur dan Bupati untuk betul-betul memastikan berapa luasan lahan yang bisa dipakai untuk menanam sorgum ini. Sehingga kita tidak tergantung sekali pada yang namanya gandum, atau tidak tergantung sekali pada yang namanya jagung dari impor,” ucapnya.

Presiden Jokowi menuturkan, diversifikasi dan alternatif pangan tesebut diperlukan dalam menghadapi ancaman krisis pangan dunia di masa sekarang dan akan datang.

“Peringatan akan krisis pangan ini sudah disampaikan oleh Badan Pangan Dunia atau FAO dan juga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB),” ungkapnya.

Tags : Presiden Jokowi