BNSP Sertifikasi Calon Pekerja Migran Indonesia Tujuan Polandia

| Senin, 06/06/2022 08:17 WIB
BNSP Sertifikasi Calon Pekerja Migran Indonesia Tujuan Polandia Wakil Ketua BNSP Miftakul Azis meninjau pelaksanaan sertifikasi kompetensi CPMI tujuan Polandia (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Komitmen Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) mempermudah akses pelayanan Sertifikasi Kompetensi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) terus dilakukan. Terbaru, BNSP melalui LSP Pekerja Migran Industri Manufaktur melakukan sertifikasi kompetensi kepada CPMI tujuan Polandia.

Wakil Ketua BNSP, Miftakul Azis menyatakan, selain untuk memenuhi persyaratan CPMI untuk dapat bekerja di Luar Negeri, sertifikasi itu juga sebagai wujud pengakuan negara atas kompetensi CPMI.

“Komitmen kami mempermudah pelayanan sertifikat kompetensi bagi CPMI terus dilakukan, termasuk bagi CMPI tujuan Polandia ini. Apalagi sertifikasi kompetensi adalah salah satu dokumen wajib untuk dapat bekerja di luar negeri,” kata Azis saat meninjau uji kompetensi CPMI Manufaktur di TUK BLKLN Dinasty Insan Mandiri Bekasi, Minggu, 5 Juni 2022.

Azis menyatakan, sertifikasi kompetensi adalah proses pengakuan kompetensi, pengakuan kompetensi merupakan hak setiap warga negara termasuk Pekerja Migran Indonesia.

Sebab itu ia memastikan komitmen BNSP terus bekerja agar sumber daya sertifikasi khususnya Asesor kompetensi dan TUK tersedia di daerah demi mempermudah pelayanan sertifikasi kompetensi.

Azis juga optimis semakin banyak CPMI kompeten, maka tingkat daya saing mereka di luar negeri juga akan semakin baik. Dengan begitu kesejahteraan CPMI juga dipastikan akan meningkat.

"Saya optimis dengan kompetensi para pekerja migran yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi Pekerja Migran Indonesia akan mempunyai bekal yang sesuai untuk mendapatkan pekerjaan dan gaji yang lebih baik," tukas Azis.

Tags : BNSP , Miftakul Azis , Sertifikasi Kompetensi , CPMI