Pimpinan DPR dan KPU Sepakat Anggaran Pemilu Rp76,6 Triliun

| Senin, 06/06/2022 16:50 WIB
Pimpinan DPR dan KPU Sepakat Anggaran Pemilu Rp76,6 Triliun Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar saat menerima jajaran KPU RI (foto: istimewa)

RADRABANGSA.COM - Pimpinan DPR RI menggelar audiensi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk membahas mengenai persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 di Senayan, Jakarta, Senin 6 Juni 2022.

Menurut Ketua DPR RI Puan Maharani, DPR dan Pemerintah telah menyepakati jadwal perhelatan demokrasi yang dimulai pada tahun 2022 ini.

“Sudah sama-sama disepakati antara KPU dan DPR melalui Komisi II dan Pemerintah bahwa tahapan pemilu akan dimulai Insya Allah sesuai dengan jadwal yang ada yakni 14 Juni 2022,” kata Puan Maharani.

Puan menyampaikan bahwa DPR bersama pemerintah dan penyelenggara Pemilu pun telah menyepakati besaran dana pelaksanaan Pemilu 2024, yakni Rp76,6 triliun, “Anggaran Pemilu 2024 agar dilakukan secara efektif dan efisien serta dimaksimalkan sesuai dengan kebutuhan sejak dimulainya tahapan pemilu,” katanya.

Lebih lanjut, Puan menuturkan, Pemilu dijadwalkan akan digelar secara serentak pada 14 Februari 2024. Sementara Pilkada Serentak akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Pendaftaran partai politik sebagai peserta pemilu dijadwalkan akan ditetapkan pada bulan Agustus 2022. Kemudian verifikasi parpol calon peserta pemilu akan ditetapkan pada Desember 2022.

"Sehingga pelaksanaan tahapan-tahapan penyelenggaraan Pemilu Insya Allah sesuai dengan jadwal yang akan ditetapkan. Durasi masa kampanye akan berdampak pada produksi dan distribusi logistik, oleh karena produksi logistik harus dilakukan dengan tepat waktu, tepat sasaran dan tepat jumlah sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan,” tuturnya.

Turut hadir, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, dam Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel.

Selain itu turut hadir pula Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung serta dua pimpinan komisi yang membidangi Pemilu, yaitu Junimart Girsang dan Saan Mustafa, serta Ketua KPU Hasyim Asy’ari dan komisioner KPU lainnya yakni August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Idham Holik, Mochammad Afifudin, Parsadaan Harahap, dan Yulianto Sudrajat. 

 

 

 

 

 

Tags : DPR RI , KPU , Pemilu 2024