Jenazah Emmeril Kahn Mumtaz Telah Ditemukan

| Kamis, 09/06/2022 20:28 WIB
Jenazah Emmeril Kahn Mumtaz Telah Ditemukan Emmeril Kahn Mumtaz (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Jenazah Emmeril Kahn Mumtaz telah ditemukan di di Bendungan Engehalde, Bern pada Rabu 8 Juni 2022 pagi waktu Swiss. Hal itu dipastikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad dalam konferensi persnya, Kamis 9 Juni 2022.

“Pada hari Kamis, 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan  konfirmasi bahwa hasil tes DNA, bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah Ananda Emmeril Kahn Mumtaz atau Ananda Eril,” kata Muliaman Hadad.

Muliaman Hadad menyampaikan bahwa sebelumnya, Kepolisian Bern telah bertemu KBRI Bern bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal mengenai dimukannya jasad yang diduga adalah Ananda Eril pada sekitar jam 6.50 pagi waktu Swiss.

“Sesuai prosedur yang berlaku (di Swiss), Tim Forensik Kepolisian segera identifikasi dan penulusuran DNA untuk memastikan laporan jasad yang ditemukan tersebut adalah benar Ananda Eril,” ungkapnya.

“Hal ini (Kamis) juga telah disampaikan secara official Kepolisian Bern melalui media rilis mereka pada pukul 13.45 waktu Swiss,” tambahnya.

Selanjutnya, lanjut Dubes Muliaman, sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku di Swiss, pihak Kepolisian menyampaikan berbagai berkas untuk diperlukan pengadilan kantor Bern sebagai pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jasad Ananda Eril dari kepolisian kepada pihak keluarga.

“Sekitar dua jam lalu,pihak pengadilan memberikan kewenangan bagi keluarga yang ada Bern untuk menerima jasad Ananda Eril,” katanya.

Menurut Dubes Muliaman, KBRI Bern tentunya memastikan bahwa penghormatan hak-hak Ananda Eril sebagai muslim terpenuhi dengan syariat Islam. Untuk selanjutnya KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga, persiapan dan pengurusan dan repatriasi Ananda Eril ke tanah air.

“KBRI juga akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi Ananda Eril tiba di Indonesia. Kami mohon doa dan dukungan teman-teman media agar seluruh proses kepulangan Ananda Eril dapat berjalan dengan lancer,” tegasnya.

“Setiba di Jakarta nanti, Direktorat perlindungan WNI Kemenlu akan memfasilitasi kedatangan rombongan di Bandara Soekarno Hatta,” tambahnya.

Sebelumnya, Emmeril Kahn Mumtaz dilaporkan hilang saat renang di Sungai Aare, Bern, Swiss pada 26 Mei 2022 lalu. Petugas SAR setempat dan pihak KBRI terus melakukan pencarian putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil itu.

Tags : Eril , Emmeril Kahn Mumtaz , Ridwan Kamil

Berita Terkait