Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Penyeberangan di Wakatobi

| Kamis, 09/06/2022 21:31 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Penyeberangan di Wakatobi Presiden Jokowi meresmikan pelabuhan penyeberangan di Wakatobi (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga pelabuhan penyeberangan dan satu unit kapal penyeberangan untuk memperlancar konektivitas antarpulau di Wakatobi, Kamis 9 Juni 2022. Peresmian pelabuhan tersebut dipusatkan di Dermaga Rakyat Wanci, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi berharap dengan adanya Pelabuhan dan kapal penyebrangan tersebut dalam meningkatkan mobilitas masyarakat khususnya di Wakatobi.

“Kita harapkan dengan beroperasinya pelabuhan dan kapal ini, aktivitas dan mobilitas masyarakat semakin mudah. Utamanya untuk angkutan barang yang berkaitan dengan sembako dan konektivitas antarpulau di Wakatobi diharapkan semakin baik,” harap Presiden Jokowi.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan, pmbangunan pelabuhan penyeberangan dan kapal di Wakatobi tesebut merupakan salah satu wujud negara hadir melalui pembangunan transportasi yang berparadigma Indonesia-sentris.

“Kita bangun infrastruktur transportasi di pulau kecil dan terluar agar konektivitas bisa berjalan dengan baik,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Menhub berharap keberadaan pelabuhan dan kapal ini akan mendukung Wakatobi sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) dan dapat menumbuhkan titik-titik ekonomi baru di Wakatobi dan sekitarnya.

“(juga) dapat dimanfaatkan para turis domestik dan mancanegara untuk menikmati keindahan alam yang ada di Wakatobi,”  tukasnya.

Tags : Presiden Jokowi , Pelabuhan Wakatobi