Kenang Abah Dim, Gus Muhaimin: Sosok yang Teguh, Visioner dan Peduli

| Jum'at, 10/06/2022 10:01 WIB
Kenang Abah Dim, Gus Muhaimin: Sosok yang Teguh, Visioner dan Peduli Ketua Umum DPP PKB A Muhaimin Iskandar didampingi M Hanif Dhakiri sowan ke KH Dimyati Rois di Kendal Jateng (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kepergian Ketua Dewan Syuro DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KH. Dimyati Rois menyisakan duka mendalam bagi Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) dan seluruh kader PKB se Indonesia.

Di mata Gus Muhaimin, Abah Dim yang juga pengasuh Pondok Pesantren al-Fadlu wal Fadlilah Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah itu adalah sosok yang teguh, ikhlas dan juga visioner.

"Abah Dim sosok yang teguh, ikhlas, visioner, yakin dan peduli; dalem terusaken. Ngapunten, Panjenengan namung sare, panjenengan hidup terus dalam jiwa-jiwa kami," tutur Gus Muhaimin mengenang Abah Dim, Jumat, 10 Juni 2022.

Dalam sejumlah kesempatan Gus Muhaimin kerap meminta nasihat secara langsung kepada Abah Dim yang juga Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Abah Dim juga cukup aktif mengikuti sejumlah kegiatan DPP PKB. Terakhir ia hadir dalam Doa Bersama Ulama dan Habaib untuk Perdamaian Dunia yang digelar DPP PKB di Kota Surabaya Jawa Timur beberapa waktu lalu.

"Sugeng tindak Abah Dim, dalem yakin, panjenengan husnul khotimah. Saya atas nama keluarga besar PKB mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafatnya KH. Dimyati Rois, panutan kita, orang tua kita, pengayom kita," kata Gus Muhaimin di Jakarta, Jumat, 10 Juni 2022.

Gus Muhaimin juga memerintahkan seluruh kader PKB untuk menggelar salat gaib di daerah masing-masing. Ia juga meminta pengibaran bendera PKB setengah tiang di seluruh Indonesia.

"Para kader harus Sholat Ghoib dan tahlilan Bendera PKB setengah tiang," ujar Gus Muhaimin.

Abah Dim sendiri merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Fadlu wal Fadhilah Jagalan, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah. Ia lahir di Bulakamba, Brebes, 5 Juni 1945.

Ia menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. Sebelum itu, ia juga ngangsu kaweruh di Pondok Pesantren APIK Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah selama belasan tahun.

Tags : Gus Muhaimim , Dimyati Rois , PKB

Berita Terkait