Presiden Jokowi Tegaskan Gotong Royong Strategi Hadapi Kompetisi Global

| Selasa, 21/06/2022 20:56 WIB
Presiden Jokowi Tegaskan Gotong Royong Strategi Hadapi Kompetisi Global Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa gotong royong adalah strategi yang harus dikedepankan dalam menghadapi kompetisi global saat ini. Menurutnya, kompetisi global ke depan harus dihadapi bersama.

“Saya kira strategi Indonesia ke depan dalam menghadapi kompetisi, strateginya adalah gotong royong,” ujar Presiden Jokowi dilansir dari laman resmi Setkab RI, Selasa, 21 Juni 2022.

Semangat gotong royong tersebut, jelasnya, juga telah ditanamkan sejak lama oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno yang dapat dimaknai sebagai suatu usaha bersama untuk mencapai tujuan yang besar.

“Saya ingat ajaran Bung Karno tentang gotong-royong. Gotong-royong itu satu usaha, gotong-royong itu satu amal, gotong-royong itu satu gawe, gotong-royong itu satu karya untuk menghasilkan sebuah karya besar atau sebuah satu prestasi besar,” tukasnya.

Diungkapkannya, gotong royong bukanlah semua orang melakukan hal yang sama. Akan tetapi, lanjutnya, saling bantu membantu bersama dan membangun kekuatan bersama.

“Kata Bung Karno gotong-royong adalah pembantingan tulang bersama, gotong-royong adalah perjuangan bantu membantu bersama, membangun satu kekuatan bersama, holopis kuntul baris,” ucapnya.

Demikian juga dalam membangun sebuah bangsa, Presiden menekankan, sebagai sebuah bangsa besar Indonesia harus mengedepankan sikap bergotong royong.

“Masing-masing harus berperan sesuai keahliannya, masing-masing harus berperan sesuai dengan keunggulannya, dan kemudian saling bekerja sama, saling berkolaborasi, saling bersinergi, untuk sekali lagi, menghasilkan sebuah karya besar,” tandasnya.

Tags : Jokowi , Indonesia , Gotong Royong , Kompetisi Global