Dukung SDGs Desa, Gus Halim Galakkan CSR Masuk Desa

| Kamis, 23/06/2022 22:24 WIB
Dukung SDGs Desa, Gus Halim Galakkan CSR Masuk Desa Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menghadiri gelaran penghargaan program Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN/Swasta dan Promosi Desa Wisata Nusantara di Jakarta, Kamis, 23 Juni 2022.

Dalam kesempatan itu, Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar menegaskan Kemitraan swasta melalui program CSR-nya dengan BUM Desa dan BUM Desa Bersama sangat membantu percepatan laju perekonomian desa.

“Salah satu wujud kerjasama swasta dengan BUM Desa dan BUM Desa Bersama ialah tentang kegiatan tanggung jawab perusahaan atau CSR secara khusus yang dibutuhkan ialah CSR yang mampu mendukung SDGs desa,” kata Gus Halim, sapaan akrabnya lewat rilisnya.

Menurut Gus Halim, program CSR dari swasta/BUMN yang menyentuh ranah pemberdayaan masyarakat desa adalah angin segar bagi kemajuan Desa, “Kemitraan CSR dan BUM Desa dapat berupa pelatihan kewirausahaan dan manajemen pengelolaan BUM Desa, fasilitasi kerja sama/jaringan BUM Desa, pendampingan BUM Desa, dukungan modal, sarana produksi dan lainnya,” katanya.

Gus Halim menegaskan bahwa posisi BUM Desa dan BUM Desa Bersama semakin menguat menjadi setara dengan BUMN dan BUMD melalui Undang-Undang Cipta Kerja.

"Hari ini tercatat sebanyak 6.917 BUM Desa dan 250 BUM Desa Bersama telah menerima sertifikat badan hukum dari Kementerian Hukum dan HAM," tegasnya.

Tags : SDGs Desa , Gus Halim , CSR

Berita Terkait