Gus Halim Ungkap Peran Penting Pesantren Majukan Ekonomi Desa

| Selasa, 28/06/2022 19:34 WIB
Gus Halim Ungkap Peran Penting Pesantren Majukan Ekonomi Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengungkapkan, Pondok Pesantren telah berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi desa.

“Pesantren yang sebagian besar berada di tengah desa, menjadi pusat perdagangan yang menunjang kesejahteraan warga sekitar,” kata Mendes PDTT Halim Iskandari di Banyuwangi, Selasa 28 Juni 2022.

Gus Halim sapaan akrabnya menyampaikan bahwa salah satu contoh kesuksesan pesantren dapat dilihat bahwa masyarakat atau desa yang berlokasi disekitar pesantren cenderung lebih sejahtera dibanding desa-desa lainnya.

“Meski masih banyak orang yang tidak sadar bahwa hal tersebut karena faktor keberadaan pesantren selama ini,” ungkapnya.

Bahkan, kata Gus Halim, konsep pembangunan desa berkelanjutan atau yang disebut dengan SDGs Desa sudah dilakukan oleh para Kiyai dan pesantren. Bagi Desa, pesantren menopang pencapaian tujuan SDGs Desa ke-4; Pendidikan Desa Berkualitas, serta tujuan SDGs Desa ke-18: Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif.

“Dengan demikian, pesantren dan santri adalah penyangga kualitas SDM, menggerakkan ekonomi desa, pesantren menunjang dinamika kelembagaan desa dan menopang budaya desa”, ujarnya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait