Anggia: Harus Ada Kebijakan Komprehensif untuk Pengelolaan Sampah

| Kamis, 07/07/2022 18:18 WIB
Anggia: Harus Ada Kebijakan Komprehensif untuk Pengelolaan Sampah Anggia Erma Rini (Wakil Ketua Komisi IV DPR RI). (Foto: DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini menyampaikan pendapatnya bahwa sampah tidak hanya menjadi masalah nasional, tapi juga global. Karena itu, menurutnya, penting untuk merumuskan perihal pengelolaan sampah dan lingkungan secara tepat serta harus menggunakan kebijakan yang komprehensif.

"Harus ada kebijakan yang komprehensif, kalau kita benar-benar punya komitmen yang tinggi untuk pengeloaan sampah," ujarnya saat menjadi narasumber dalam acara Dialektika Demokrasi bertajuk `Menyoal Kebijakan Pelabelan Kemasan dan Dampaknya Terhadap Lingkungan` di Ruang Media Center, Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Kamis, 7 Juli 2022.

Politisi PKB itu menyontohkan dalam hal pengangkutan sampah yang dinilainya tidak disertai dengan cara yang benar. Sebab, sampah medis, organik, dan plastik tercampur saat diangkut dalam satu truk.

"Kita kadang ketawa ya, kan ada pemilahan sampah tuh, sampah organik, sampah plastik, sampah kesehatan, dipisah di kantong dan tong yang berbeda. Tapi ngankutnya bareng-bareng, tercampur lagi dalam satu wadah. Sama aja bohong, karena tercampur dalam satu truk," ungkap Anggia.

Tags : DPR RI , Sampah , Kebijakan , Indonesia