BNPB: 80 Rumah Warga Bogor Terendam Banjir

| Jum'at, 12/08/2022 20:39 WIB
BNPB: 80 Rumah Warga Bogor Terendam Banjir Banjir di Cibinong Bogor, (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM – Sebanyak 82 rumah warga tergenang banjir di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat tepatnya di Mutiara Hijau, Desa Pakansari, Kecamatan Cibinong. Banjir terjadi pada Rabu 10 Agustus 2022 sekira pukul 18.30 WIB setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyampaikan, Saluran drainase yang tertutup sampah membuat gorong-gorong yang berada di perumahan tersebut tersendat sehingga mengakibatkan air masuk ke pemukiman warga.

“Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan sebanyak 82 KK / 246 jiwa terdampak. Pantauan visual, tinggi muka air saat terjadi banjir hingga 50 sentimeter,” kata Abdul Muhari dalam rilisnya, Jumat, 12 Agustus 2022.

Abdul Muhari menyampaikan, BNPB menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Pada kawasan dataran rendah, diharapkan daya tampung gorong-gorong diperbesar serta pembersihannya dilakukan secara periodik,

“Ini untuk mengantisipasi meluap apabila hujan deras mengguyur dengan durasi yang lama dan terhindar dari ancaman bencana hidrometeorologi,” tukasnya.

Tags : Banjir , BNPB

Berita Terkait