Indonesia Raih Penghargaan Swasembada Beras dari IRRI

| Minggu, 14/08/2022 15:41 WIB
Indonesia Raih Penghargaan Swasembada Beras dari IRRI Presiden Jokowi menerima penghargaan dari Internastional Rice Research Institute (IRRI) atas keberhasilan Indonesia dalam mencapai swasembada beras di Istana Merdeka, Minggu (14/8). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa stok beras nasional hingga April 2022 mencapai 10,2 juta Ton. Hal itu membuktikan kalau Indonesia memiliki sistem ketahanan pangan yang baik.

"Stok (beras) kita di lapangan jumlahnya di akhir April 2022 tertinggi, yaitu 10,2 juta ton. Kalau ditanya barangnya ada di mana? ada di masyarakat, di petani, di restoran-restoran juga di Bulog plus beberapa industri-industri pangan," kata Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu, 14 Agustus 2022 saat menerima penghargaan dari Internastional Rice Research Institute (IRRI) atas keberhasilan Indonesia dalam mencapai swasembada beras dan baiknya sistem ketahanan pangan yang dimiliki Indonesia.

Dijelaskannya, surplus atau stok beras yang dimiliki di tengah krisis pangan dunia, menjadi salah satu indikator Indonesia berhasil meraih penghargaan atas sistem ketahanan pangan yang baik dari IRRI.

Selama tiga tahun terakhir pada 2019 sampai 2021, RI juga konsisten tidak membuka importasi beras karena produksi nasional yang mencukupi kebutuhan pangan. Tercatat, produksi beras nasional rata-rata mencapai 31,3 juta ton pada 2019-2021.

Oleh karena itu, Kepala Negara meminta adanya peningkatan produktivitas pangan sehingga Indonesia bisa memasuki pasar ekspor beras. Selain itu, agar tidak bergantung pada satu komoditas saja yakni pada beras, Presiden meminta diversifikasi pangan, termasuk pada tanaman sorgum yang saat ini dikembangkan di Waingapu, Nusa Tenggara Timur.

Dengan ekstensifikasi lahan pada tanaman sorgum, Presiden berharap Indonesia tidak lagi bergantung pada jagung impor, baik untuk bahan pangan maupun pakan ternak. "Kita harap dengan terus kita konsentrasi ke sana, insya Allah kita sudah tidak impor jagung lagi dalam 2-3 tahun mendatang, seperti beras yang sudah tiga tahun tidak impor," tutur Presiden Jokowi.

Tags : Jokowi , IRRI , Swasembada Beras , Indonesia