Selama Presidensi G20, Pemerintah Siapkan Pedulilindungi 14 Bahasa

| Selasa, 30/08/2022 17:49 WIB
Selama Presidensi G20, Pemerintah Siapkan Pedulilindungi 14 Bahasa Aplikasi Peduli Lindungi (foto: aptika.kemkominfo.go.id)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan memaksimalkan pelayanan bidang kesehatan di antaranya menyiapkan PeduliLindungi dalam 14 bahasa selamat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia akan digelar pertengahan November 2022.

“Untuk PeduliLindungi sudah tersedia dalam 9 bahasa, akan ditambah lagi 5 bahasa sehingga bisa dilakukan di masing-masing negara,” ujar Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono di Bali, Selasa 30 Agustus 2022.

9 bahasa tersebut antara lain bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Cina, bahasa Prancis, bahasa Jepang, bahasa Rusia, bahasa Arab, bahasa Korea, dan bahasa Spanyol. Sedangkan 5 bahasa yang sedang diproses mencakup bahasa Portugis, bahasa Jerman, bahasa Italia, dan bahasa Turki.

Selain itu, lanjut Dante, ada 3 hal penting yang akan disiapkan oleh Kemenkes yakni standar protokol kesehatan, persiapan layanan kesehatan, dan akses komunikasi delegasi terhadap protokol kesehatan dan layanan kesehatan.

“Para delegasi diharapkan memiliki asuransi kesehatan atau travel insurance yang menjamin perawatan RS, termasuk COVID-19,” tambahnya.

Sementara itu, kata Dante, terkait layanan kesehatan, Kemenkes mendirikan mini ICU, klinik, dan membentuk tim mobile yang disiapkan di tempat pelaksanaan KTT. “Tenaga medis di mini ICU disiagakan dokter spesialis jantung / dokter spesialis penyakit dalam konsultan jantung, dokter spesialis anestesi, dokter umum, dan perawat ICU. Sementara di klinik disiagakan dokter umum dan perawat terlatih kegawatdaruratan,” tukasnya.

Tags : PeduliLindungi , iOS , AppStore

Berita Terkait