Didorong Kenaikan Penjualan Domestik, PMI Manufaktur Indonesia Kian Menguat

| Kamis, 01/09/2022 21:50 WIB
Didorong Kenaikan Penjualan Domestik, PMI Manufaktur Indonesia Kian Menguat Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia kembali menguat, dari 51,3 di bulan Juli menjadi 51,7 di bulan Agustus.

“Peningkatan indeks PMI Manufaktur didorong oleh kenaikan penjualan dari permintaan domestik. Hal ini sebagai tanda bahwa upaya pemulihan ekonomi dari hantaman pandemi telah menunjukkan dampaknya,” kata Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Kamis 1 September 2022.

Menurut Agus Gumiwang, kenaikan indeks PMI Manufaktur Indonesia juga turut andil dalam peningkatan penciptaan lapangan kerja pada bulan Agustus. Ia akan terus mengupayakan mengatasi hambatan-hambatan investasi.

“Sektor industri manufaktur terus mengalami peningkatan investasi. Saya optimis tren ini akan berlanjut hingga akhir tahun. Karena itu kami upayakan agar hambatan-hambatan investasi yang ada bisa kami atasi,” imbuhnya.

Selain itu, kata Agus, pihaknya juga bertekad untuk terus memacu konsumsi domestik dengan memastikan produk-produk industri dalam negeri diserap sebesar-besarnya.

“Saya berpesan kepada para pelaku industri untuk terus meningkatkan kapasitas dan utilisasinya, membuat penyesuaian-penyesuaian, dan memastikan perusahaan industri mengambil manfaat dari kebijakan ini,” tukasnya.

Tags : PMI Manufaktur Indonesia

Berita Terkait