Kendalikan Laju Inflasi Pangan, BI dan TPID Sumut Terus Perkuat Sinergi

| Kamis, 01/09/2022 22:33 WIB
Kendalikan Laju Inflasi Pangan, BI dan TPID Sumut Terus Perkuat Sinergi panen bersama cabai merah di Sumatera Utara (foto: bi)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Utara memperkuat sinergi bersama dalam mengendalikan laju inflasi pangan.Salah satunya melalui inovasi dan digitalisasi pengembangan klaster cabai merah dengan sistem integrated farming.

Momentum ini ditandai dengan penyelenggaraan Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sumatera Utara di Klaster Cabai Merah Juli Tani, Kabupaten Deli Serdang pada 31 Agustus 2022.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung, menyampaikan bahwa Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) hadir sebagai salah satu tindak lanjut arahan Presiden RI dalam Rakornas Pengendalian Inflasi 2022.

"GNPIP diharapkan dapat mengoptimalkan upaya dan aksi nyata dalam stabilisasi harga pangan (dari sisi suplai) dan mendorong produksi guna meningkatkan ketahanan pangan, yang lebih terintegrasi serta berdampak nasional berlandaskan pada kerangka 4K, sehingga mendukung daya beli masyarakat dan pemulihan ekonomi nasional," kata Juda dalam rilisnya, Kamis 1 September 2022.

Begitu juga kata Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi terkait pentingnya penguatan sinergi dan komitmen dari seluruh stakeholder dalam rangka mendukung pelaksanaan program pengendalian inflasi di daerah, salah satunya melalui GNPIP.

"Penguatan di sisi produksi perlu terus didorong melalui pembukaan klaster pangan baru di daerah sentra, mereplikasi inovasi dari klaster cabai merah integrated farming yang telah diresmikan," katanya.

Diketahui, Rangkaian kegiatan Kick Off GNPIP Sumatera Utara diawali dengan pelaksanaan panen bersama cabai merah oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Gubernur Sumatera Utara s

Tags : Krisis Pangan , BI , TPID Sumut

Berita Terkait