BNPB: Tanah Longsor Telan Korban Dua Warga di Ciamis

| Senin, 12/09/2022 20:59 WIB
BNPB: Tanah Longsor Telan Korban Dua Warga di Ciamis Warga sedang membersihkan tanah longsor (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Dua warga ditemukan dalam kondisi meninggal dunia setelah tertimbun tanah longsor yang terjadi di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu, 11 September 2022.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyampaikan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melaporkan bahwa peristiwa itu terjadi saat hujan dengan intensitas tinggi pada pukul 20.00 WIB ditambah kondisi tanah yang labil di lokasi kejadian.

“Sebanyak 28 KK/88 jiwa di Desa Sukahurip dan Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti terdampak bencana itu,” kata Abdul Muhari dalam rilisnya, Senin 12 September 2022.

Menurut Abdul Muhari, beberapa warga Desa Sukamaju terpaksa mengungsi di masjid tak jauh dari permukiman. Sementara korban meninggal dunia telah dimakamkan, “PBD Kabupaten Ciamis saat ini berfokus pada penanganan longsor di Desa Sukamaju untuk evakuasi dan penyelamatan warga serta pembukaan akses jalan yang tertimbun material longsor,” tukasnya.

Guna mengantisipasi potensi ancaman bencana hidrometerologi basah lainnya seperti banjir dan tanah longsor, BNPB mengimbau agar melakukan upaya seperti monitoring lereng perbukitan, susur sungai, pembersihan aliran sungai, kanal, saluran drainase permukiman, dan saluran irigasi secara berkala untuk memininalisir potensi bencana yang dapat dipicu oleh faktor cuaca dan kondisi tata ruang lingkungan.

Tags : BNPB , Tanah Longsor