Pemerintah Percepat Pembangunan Bendungan Jlantah Karanganyar

| Jum'at, 16/09/2022 18:34 WIB
Pemerintah Percepat Pembangunan Bendungan Jlantah Karanganyar Pembangunan bendungan Jlantah Karanganyar (foto: pupr)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mempercepat penyelesaian pembangunan Bendungan Jlantah di Desa Tlobo dan Karangsari, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng).

"Kehadiran Bendungan Jlantah, tentunya akan menambah jumlah tampungan air yang dibangun Kementerian PUPR dalam mendukung ketahanan pangan dan air di Provinsi Jawa Tengah," kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko dalam rilisnya, Jumat, 13 September 2022.

Menurut Jarot Widyoko, saat ini konstruksi pembangunan bendungan Jlantah telah mencapai 44 %, dan akan dipercepat proses penyelesaiannya dari rencana Desember 2023 menjadi Oktober 2023.

Jarot Widyoko menambahkan, nantinya Bendungan Jlantah akan dilakukan penghijauan dan konservasi dengan menanam sejumlah pohon Bambu Petung, "Penanaman tentunya nanti bisa melibatkan masyarakat setempat," ujarnya.

Untuk diketahui, bendungan Jlantah dibangun Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo dengan salah satu kegunaannya adalah mengaliri lahan pertanian seluas 1.494 Hektare (Ha) untuk 2 (dua) Kecamatan di Kabupaten Karanganyar yaitu Kecamatan Jatiyoso dan Jumapolo.

Tags : Bendungan Jlantah , PUPR

Berita Terkait