Indonesia Dorong Berbagai Negara Komitmen Cegah Penyakit TBC

| Kamis, 22/09/2022 19:35 WIB
Indonesia Dorong Berbagai Negara Komitmen Cegah Penyakit TBC Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM – Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyampaikan pentingnya komitmen setiap negara untuk mencapai eliminasi TBC di tahun 2030, termasuk Indonesia. Hal ini disampaikan pada acara Side Event Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang ‘Progress and multisectoral action towards achieving global targets to end TB’, di Amerika Serikat, Selasa, 20 September 2022 lalu.

“Pada Tahun 2023, akan diadakan Pertemuan Tingkat Tinggi PBB 2023 tentang TBC yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Menurut Menkes Budi Gunadi Sadikin, Side Event TB tersebut merupakan langkah konkret Indonesia untuk mempersiapkan agenda Pertemuan Tingkat Tinggi PBB 2023 tentang TBC dan menunjukkan keseriusan serta kepemimpinan Indonesia dalam menanggulangi TBC di level nasional dan global.

“Komitmen tertuang dalam bentuk pendanaan dan perencanaan program untuk menemukan seluruh kasus dan mengobati seluruh pasien TBC yang ditemukan,” imbuh Menkes Budi.

Lebih lanjut, Menkes Budi menyampaikan bahwa keberhasilan dalam penanggulangan pandemi COVID-19 melalui testing (skrining pemeriksaan laboratorium) bisa dijadikan tolok ukur bagaimana meningkatkan cakupan pemeriksaan laboratorium TBC.

“Indonesia saat ini juga memegang kepemimpinan pada Presidensi G20 2022. Salah satu hal yang akan dilakukan ialah memberikan sorotan terhadap usaha Indonesia untuk mengakhiri TBC,” tukasnya.

Tags : TBC , Presidensi G20