Tutup KKIN di Padang, Menaker Ida: Tantangan Instruktur Ciptakan Inovasi Makin Variatif

| Jum'at, 07/10/2022 18:49 WIB
Tutup KKIN di Padang, Menaker Ida: Tantangan Instruktur Ciptakan Inovasi Makin Variatif Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menutup Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) ke-VIII di kota Padang, Sumatera Barat, Kamis, 6 Oktober 2022.

Dalam kesempatan itu, Menaker Ida Fauziyah mengatakan, salah satu program rutin Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) untuk menempa skill para instruktur dengan KKIN ini. Menurutnya, melalui kompetisi, Instruktur akan tertantang untuk terus meng-upgrade dan mengembangkan kompetensinya tidak hanya dalam hard skill atau kemampuan teknis, tetapi juga dalam soft skill yang dimiliki.

"Dengan adanya kompetisi, Instruktur akan tertantang untuk menciptakan inovasi yang semakin variatif dan sesuai perkembangan zaman, sehingga luaran atau lulusan dari pelatihan kompetensi memiliki kualitas yang mumpuni dan siap berkontribusi di pasar kerja,"  ujar Menaker Ida Fauziyah.

Menaker Ida menegaskan bahwa Instruktur merupakan `Garda Terdepan` dalam penyelenggaraan pelatihan kompetensi. Instruktur juga merupakan modalitas untuk  menciptakan dan menumbuhkan calon tenaga kerja peserta pelatihan yang kompetensinya sesuai dengan kebutuhan Pasar Kerja terkini.

"Tujuan akhir KKIN ini, adalah agar Instruktur bisa terus berkembang dan maju dalam memberikan ilmu dan pelayanannya kepada peserta pelatihan kompetensi,” tukasnya.

Menaker Ida memberikan ucapan selamat kepada para Instruktur yang menjadi pemenang pada KKIN ke-VIII tahun 2022 ini, "Semoga dengan adanya kompetisi rutin ini, ke depannya akan terus lahir dan muncul Instruktur-instruktur yang tangguh dan mampu bersinergi menciptakan SDM Indonesia Kompeten,” ucapnya.

Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah