Longsor di Kelurahan Kebon Kalapa Bogor, 1 Orang Meninggal Dunia

| Rabu, 12/10/2022 17:39 WIB
Longsor di Kelurahan Kebon Kalapa Bogor, 1 Orang Meninggal Dunia Longsor di Kelurahan Kebon Kalapa, Kota Bogor, Jawa Barat (foto: BNPB)

RADARBANGSA.COM - Curah hujan dengan intensitas tinggi disertai struktur tanah yang labil memicu terjadinya longsoran tebing di Kelurahan Kebon Kalapa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa, 11 Oktober 2022 sore.

“Peristiwa itu menyebabkan seorang warga meninggal dunia dan tiga lainnya luka-luka akibat tertimpa material longsoran saat memancing. Para korban tersebut sudah dievakuasi ke RSUD Kota Bogor,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam rilisnya, Rabu, 12 Oktober 2022.

Abdul Muhari menyampaikan, hujan dengan intensitas tinggi masih berpotensi terjadi di wilayah Kota Bogor dan sekitarnya sampai Senin, 17 Oktober 2022 mendatang, sebagaimana menurut informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“BMKG juga menyatakan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem yang ditandai dengan curah hujan tinggi dan angin kencang sampai pertengahan Oktober 2022,” imbuhnya.

BNPB, kata Abdul Muhari, mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah bersama masyarakat agar melakukan segala upaya yang merujuk pada mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan.

“Apabila terjadi hujan dalam durasi lebih dari satu jam, maka masyarakat yang tinggal di bantaran sungai atau di lereng gunung maupun tebing agar mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk sementara waktu,” tukasnya.

Tags : Longsor , BNPB