Wapres Maruf Amin Ajak Santri Terus Berperan Isi Kemerdekaan dan Pembangunan

| Jum'at, 21/10/2022 17:01 WIB
Wapres Maruf Amin Ajak Santri Terus Berperan Isi Kemerdekaan dan Pembangunan KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: YouTube NU Channels)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin mengatakan bahwa santri terus berperan mengisi kemerdekaan dan pembangunan bangsa Indonesia sejak Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945. Diungkapkannya, beberapa hal yang melandasi santri terus berperan bagi bangsa dan negara, salah satunya semangat mencintai Tanah Air yang merupakan sebagian dari pada iman.

"Pertama, semangat hubbul waton minal iman, mencintai Tanah Air dianggap sebagian dari iman. Makanya, dalam mars NU (Nahdlatul Ulama) disebut ya lal waton ya lal waton, hubbul waton minal iman, cinta Tanah Air bagian dari iman," ujar Wapres dilansir dari antaranews, Jumat, 21 Oktober 2022.

Dengan semangat itu, lanjutnya, santri siap melakukan apa saja untuk membela, mempertahankan, dan memperjuangkan Tanah Air. "Itu saya kira kenapa santri siap. Sampai mengorbankan nyawanya, siap untuk bangsa dan negara," tukasnya.

Kiai Maruf juga mengatakan santri memegang teguh dan menjaga kesepakatan. Dengan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila sebagai landasannya merupakan kesepakatan nasional, katanya, maka hal itulah yang terus dipegang teguh oleh para santri. "Kalau santri mengatakan NKRI harga mati, itu artinya memegang teguh kesepakatan nasional," tegas Kiai Maruf.

Oleh karena itu, tutur Kiai Ma’ruf, santri menolak segala bentuk ideologi lain atau bentuk negara yang lain karena menyalahi kesepakatan. Santri juga dituntut untuk memakmurkan bumi melalui pengembangan ekonomi, baik di bidang pertanian, perkebunan, pertambangan, maupun perindustrian, dengan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Artinya, santri dituntut untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Setelah para pendiri dulu memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan, sekarang kita menjaga persatuan, menjaga ukhuwah, menjaga toleransi, serta memakmurkan dan membangun Indonesia menuju Indonesia maju dan sejahtera," tandasnya.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Hari Santri , Indonesia