Indonesia dan ASEAN Siapkan Dokumen Panduan Tenaga Kerja Tangguh Pasca Pandemi

| Selasa, 25/10/2022 18:18 WIB
Indonesia dan ASEAN Siapkan Dokumen Panduan Tenaga Kerja Tangguh Pasca Pandemi Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi saat menghadiri pertemuan Pejabat Tingkat Senior Bidang Ketenagakerjaan ASEAN (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM – Indonesia dan negara-negara anggota ASEAN menyiapkan dokumen panduan untuk membangun tenaga kerja yang tangguh pasca pandemic covid-19. Hal ini tertuang dalam deklarasi dalam pertemuan Pejabat Tingkat Senior Bidang Ketenagakerjaan ASEAN (Senior Labour Officials Meeting / SLOM) di Filipina, Senin, 24 Oktober 2022 kemarin.

“Dekalarasi tertuang dalam deklarasi ASEAN tentang mempromosikan daya saing, ketahanan, dan ketangkasan pekerja untuk masa depan kerja”, kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi dalam rilisnya, Selasa, 25 Oktober 2022.

Menurut Sekjen Anwar Sanusi, deklarasi tersebut menyerukan pengembangan dokumen panduan bagi negara-negara anggota ASEAN dalam menangani situasi dan tantangan akibat pandemi, dan transformasi kerja melalui digitalisasi di tingkat nasional maupun regional.

Bahkan, lanjut Anwar Sanusi, Indonesia telah menindaklanjuti deklarasi tersebut melalui tindakan nyata. Di antaranya adalah mengembangkan dokumen panduan pelaksanaan deklarasi ASEAN tentang mempromosikan daya saing, ketahanan, dan ketangkasan pekerja untuk masa depan pekerjaan.

“Catatan konsep dokumen panduan ini disahkan oleh negara-negara anggota ASEAN pada 13 September 2022”, ujarnya.

Tags : Kemnaker , ASEAN , Indonesia , Pandemi Covid19