Kampung Ciletik Sukabumi Dilanda Longsor, Tiga Orang Tertimbun Longsor

| Selasa, 25/10/2022 22:15 WIB
Kampung Ciletik Sukabumi Dilanda Longsor, Tiga Orang Tertimbun Longsor Longsor di Kampung Ciletik, Kecamatan Caring, Kabupaten Sukabumi (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Kampung Ciletik, Desa Pasirdatar Indah, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi dilanda longsor usai diguyur hujan dengan intensitas tinggi di wilayah itu. Menurut rilis BNPB, tiga orang ditemukan tak bernyawa setelah tertimbun material longsor.

Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Jawa Barat, Hadi menyampaikan bahwa hasil kaji cepat sementara oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, petaka itu diduga terjadi karena adanya rembesan air ke dalam tanah dari kolam pemancingan umum yang berada di bagian atas rumah korban.

“Di atas rumah korban ada kolam pemancingan umum. Ketika kolam diisi air kok tidak penuh-penuh. Artinya ada kemungkinan air merembes ke dalam tanah. Kemudian hujan turun lebat. Jadilah tanah longsor itu,” ungkap Hadi dikutip laman bnpb, Selasa 25 Oktober 2022.

“Ada sebanyak 5 rumah yang mengalami rusak berat, 4 rumah lainnya terancam dan 1 ruko turut terdampak,” tambahnya.

Sementara itu, kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi bersama unsur gabungan dari TNI, Polri, Basarnas, relawan dan warga setempat bergotong-royong untuk mengevakuasi para korban dan melakukan upaya pembersihan material longsor.

“Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi dan dapat disertai petir masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Sukabumi hingga Kamis, 27 Oktober 2022 mendatang,” katanya.

Tags : Longsor , BNPB