Presiden Jokowi Terbang ke Kamboja, Hadiri KTT ASEAN ke-40

| Rabu, 09/11/2022 20:36 WIB
Presiden Jokowi Terbang ke Kamboja, Hadiri KTT ASEAN ke-40 Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kenegaraan ke Phnom Penh, Kamboja untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-40 dan ke-41 yang akan berlangsung dari 10-13 November 2022.

“Saya akan menghadiri rangkaian pertemuan KTT ASEAN ke-40 dan ke-41, serta KTT terkait lainnya hingga tanggal 13 November 2022. Jumlah pertemuan yang harus saya hadiri cukup banyak, yaitu lebih dari 20 pertemuan,” kata Presiden Jokowi di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Rabu, 9 November 2022.

Presiden Jokowi menjelaskan, salah satu fokus Indonesia dalam KTT ASEAN tersebut adalah mengenai keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun depan. Menurutnya, pada keketuaan ASEAN tahun 2023, Indonesia akan mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

“Intinya Indonesia menginginkan agar ASEAN tetap penting dan relevan atau matters dan Indonesia juga menginginkan Asia Tenggara tetap menjadi epicentrum of growth. Ini bukan tugas yang mudah, tantangan dunia masih akan sangat besar di tahun 2023. Selain itu, ASEAN juga hadapi tantangan internal, yaitu situasi di Myanmar,” jelasnya.

Usai menghadiri KTT ASEAN, Presiden Jokowi langsung Kembali ke tanah air untuk mengikuti KTT G20 Bali. “Saya akan tiba di Bali, insyaallah, tanggal 13 November malam dan langsung melakukan kegiatan terkait G20,” tukasnya.

Tags : KTT ASEAN , Presiden Jokowi

Berita Terkait