Gus Halim Minta Pendamping Desa Adopsi Sistem Digital dalam Pelaksanaan Pendampingan

| Kamis, 01/12/2022 18:07 WIB
Gus Halim Minta Pendamping Desa Adopsi Sistem Digital dalam Pelaksanaan Pendampingan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) meminta para pendamping desa untuk mengadopsi sistem digital dalam pelaksanaan pendampingan.

"Diperlukan pengaturan dalam sinergi pemberdayaan, kegiatan pemberdayaan perlu juga mengadaptasi sistem digital,” kata Gus Halim di Jakarta, Rabu, 30 November 2022.

Dengan adopsi sistem digital, imbuh Gus Halim, sinergi kegiatan pemberdayaan dan pendampingan berjalan dengan baik, cepat mencapai tujuan pembangunan, sesuai dengan kaidah-kaidah pemberdayaan, serta dapat menjawab tantangan zaman saat ini.

“Kegiatan pendampingan harus dilakukan bersama, perlu sinergi kegiatan pendampingan dan pemberdayaan, demi percepatan kebangkitan warga dan kemandirian masyarakat desa,” imbuh Gus Halim.

Selain itu, lanjut Gus Halim, ditekankan juga pentingnya pihak-pihak terkait untuk terlibat di dalamnya. Di antaranya supra desa, pemerintah daerah, kampus, swasta, serta pihak-pihak lain.

“Perlu keterlibatan semua stakeholder desa, perlu peran supra desa, pemerintah daerah, kampus, swasta, serta pihak-pihak lain yang memiliki konsentrasi dan komitmen untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” lanjutnya.

Terakhir, Gus Halim menyampaikan bahwa pembangunan di desa dilaksanakan dengan pendampingan secara penuh oleh aktor terkait, “Di antaranya yakni tenaga pendamping profesional, fasilitator transmigrasi, pendamping TEKAD, duta digital, kader digital, serta kader pemberdayaan masyarakat desa, dan kader kampung,” tukasnya.

Tags : Gus Halim , Pendamping Desa , Pembangunan Desa