Gus Halim Pastikan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi TPP Desa

| Jum'at, 02/12/2022 18:26 WIB
Gus Halim Pastikan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi TPP Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar saat menyerahkan santunan kepada ahli waris TPP di Kabupaten Lebak Banten (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim terus memastikan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para tenaga pendamping profesional (TPP). Salah satunya dengan menggandeng BPJS Ketenagakerjaan.

Saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lebak Banten, pada Kamis, 1 Desember 2022 kemarin, Gus Halim dan Dirut BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo menghadiri penyerahan santunan kepada ahli waris Yusa, pendamping desa yang meninggal akibat kecelaan kerja saat bertugas di Kabupaten Lebak.

Santunan itu diserahkan oleh Anggoro Eko Cahyo pada istri mendiang, Hamroh dan kedua anaknya Nazwa Kamila (16 Th) dan Ahmed Kahlil Gibran (9 Th) senilai total Rp525 juta. Rincian biaya perawatan Rp 293 juta, santunan kematian karena kecelakaan kerja Rp 91,5 juta, kemudian saldo jaminan hari tua Rp 1,3 juta dan beasiswa untuk 2 orang anak Rp 139,5 juta.

“Saya berterima kasih karena banyak hal yang bisa diselesaikan dengan hal itu, pertama istrinya beliau dapat santunan kemudian dua anak mendapatkan beasiswa sampai kuliah,” kata Gus Halim.

Gus Halim menyampaikan, santunan itu adalah salah satu bukti nyata manfaat Pendamping Desa menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan.  Oleh sebab itu Gus Halim dari awal memasukkan para Pendamping Desa di semua level sebagai peserta BPJS Ketanagakerjaan atau Jamsostek

“Ini suatu hal yang membanggakan, dan memang kita mewajibkan seluruh Pendamping Desa di semua level untuk masuk di BPJS Ketenagakerjaan,” kata Gus Halim.

Sementara itu, Anggoro menjelaskan, almarhum Yusa yang merupakan salah satu Pendamping Profesional terdaftar sebagai peserta BPJS Ketengakeejaan sejak 2021 oleh Kementerian Desa PDTT.

“Atas nama pribadi dan manajemen BPJS Ketenagakerjaan, mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Almarhum Bapak Yusa. Marilah kita sejenak mendoakan Almarhum Bapak Yusa semoga amal ibadahnya diterima dan diberikan tempat terbaik di sisi-Nya,” ungkap Anggoro.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa