Menkes Budi Sebut PeduliLindungi Cegah Transmisi dari 626.000 Pasien COVID-19

| Selasa, 24/01/2023 21:12 WIB
Menkes Budi Sebut PeduliLindungi Cegah Transmisi dari 626.000 Pasien COVID-19 Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (Foto: Kemenkes RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa aplikasi PeduliLindungi berhasil cegah transmisi COVID-19 yang dibawa lebih dari 626.000 orang yang positif maupun kontak erat dengan pasien selama pandemi. Hal itu dikemukakannya dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, di Jakarta, Selasa, 24 Januari 2023.

"Indonesia melakukan terobosan digital dengan aplikasi testing, tracing PeduliLindungi yang sudah diunduh lebih dari 104 juta orang Indonesia," ujarnya dilansir dari antaranews.

Menurut Budi, aplikasi tersebut sempat digunakan hingga 34 juta orang per pekan di berbagai fasilitas umum untuk mendeteksi persyaratan vaksinasi penguat, vaksin lengkap, vaksin tidak lengkap atau belum divaksin, serta positif atau kontak erat. 

"Ini merupakan salah satu mekanisme surveilans yang sangat ampuh berbasis teknologi digital yang secara masif digunakan saat pandemi," tuturnya.

Budi mengatakan pandemi COVID-19 juga memberikan lompatan besar di bidang layanan telemedisin kepada 1,8 juta masyarakat selama pandemi. "Kami juga memberi layanan antar obat langsung ke kediaman pasien di 14 kota besar di seluruh Indonesia bersama 17 perusahaan start up rintisan telemedisin dan logistik, sehingga tekanan menuju rumah sakit bisa dikurangi," kata Menkes Budi.

Telemedisin di Indonesia telah menjangkau area Jabodetabek, Bandung Raya, Semarang Raya, Solo Raya, Yogyakarta, Surabaya, Malang Raya, Denpasar, Palembang, Medan, Banjarmasin, Balikpapan, Manado, dan Makassar.

Tags : Menteri Kesehatan , PeduliLindungi , COVID-19 , Indonesia

Berita Terkait