Banjir Landa Sejumlah Wilayah di Provinsi Aceh

| Selasa, 24/01/2023 21:25 WIB
Banjir Landa Sejumlah Wilayah di Provinsi Aceh Banjir di Kabupaten Pidie (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM – Sejumlah wilayah di Provinsi Aceh sebelah utara dilanda banjir pada akhir minggu pertama Januari 2023. Genangan tak dapat dihindari setelah hujan lebat mengguyur beberapa kabupaten, seperti Aceh Timur, Pidie, Pidie Jaya dan Bireuen.

“Banjir masih berlangsung hingga, Minggu, 22 Januari 2023,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari seperti dilihat dalam rilisnya, Senin, 23 Januari 2023.

Abdul Muhari menjelaskan, sebanyak 104 KK terdampak dan 5 KK mengungsi saat banjir dengan tinggi muka air 40 – 80 cm menggenangi rumah warga di Aceh Timur.

Sementara itu, sambung Abdul Muhari, di Pidie, kecamatan yang terdampak banjir adalah Pidie, Sakti, Kembang Tanjong, Peukan Baro, Indra Jaya, Padang Tiji, Grong-grong, Delima, Mutiara Timur, Mutiara Barat, Muara Tiga, Keumala, Titeu, Glumpang Tiga, Batee, Glumpang Baro, Simpang Tiga, Mila, Kota Sigli, Tiro dan Tangse.

“Bencana ini mengakibatkan 1.095 KK atau 3.336 warga mengungsi sementara waktu. Pihak BPBD setempat masih terus melakukan pendataan warga terdampak banjir yang meluas ini. Sejauh ini tidak ada dampak korban jiwa,” imbuhnya.

Menurut Abdul Muhari, banjir juga berdampak di wilayah tetangga, yaitu Kabupaten Pidie Jaya. Delapan kecamatan terdampak di wilayah ini yakni di kecamatan Ulim, Panteraja, Bandar Dua, Meurah Dua, Meureudu, Bandar Baru, Trienggadeng dan Jangka Buya.

“Data sementara tercatat sebanyak 47 KK atau 90 warga mengungsi, sedangkan warga terdampak di sejumlah kecamatan tersebut mencapai 6.776 KK atau 17.628 warga,” tukasnya.

Tags : Banjir , BNPB

Berita Terkait