Tahun Ini Pemerintah Fokus Pengendalian Harga Cabai dan Bawang Merah

| Kamis, 26/01/2023 14:15 WIB
Tahun Ini Pemerintah Fokus Pengendalian Harga Cabai dan Bawang Merah Produksi Cabai diprediksi Surplus (Foto: Halloriau)

RADARBANGSA.COM - Tahun 2023 pemerintah berencana memberikan perhatian serius pada komoditas pengendali inflasi yaitu cabai dan bawang merah. Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian tahun 2023.

Prihasto memaparkan berbagai strategi untuk mengembangkan kedua komoditas tersebut. 

“Untuk pengendalian inflasi, kami akan mengembangkan 6.000 hektar kawasan cabai dan 7.732 hektar kawasan bawang merah. Selain itu, penyediaan benih cabai dan bawang merah dengan metode soil block juga akan dilakukan,” jelas Prihasto.

Prihasto menambahkan, selain kedua strategi tersebut, pihaknya juga akan menumbuhkan kembali program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dengan 1.700 kelompok, bekerja sama dengan champion cabai dan bawang merah, serta menggerakkan kegiatan Pasar Tani di seluruh Indonesia.

Sebelumnya pada tahun 2022 dua komoditas ini diketahui menjadi penyumbang inflasi terbesar. Hal ini menurut data BPS, Agustus 2022 dan diungkapkan langsung oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

"Kita ini kampungan juga sebenernya. Kenapa jadi inflasi jadi 4,94 ya itu karena harga bawang merah, cabai rawit, cabai merah, itu yang mempengaruhi inflasi kita ini," kata Luhut seperti dikutip dalam video YouTube, diakses Agustus 2022.

Tags : cabai , bawang merah

Berita Terkait