Media Sosial Bantu Pelaku UMKM Pasarkan Produknya

| Selasa, 14/02/2023 22:22 WIB
Media Sosial Bantu Pelaku UMKM Pasarkan Produknya Ilustrasi teknologi digital. (Foto: winstarlinkcom)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Kota Tangerang, Banten memberikan pembekalan terhadap lebih dari 1000 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang ada di Kota Tangerang melalui webinar secara hybrid di Puspem, Tangerang, Selasa, 14 Februari 2023.

Hadir sebagai narasumber dalam webinar tersebut dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Darfi Rizkavirwan dan Edo Tirtadarma. Dalam kesempatan itu, Darfi menyampaikan bahwa peluang UMKM kedepannya masih sangat bagus karena perkembangan media sosial mampu meningkatan aksebilitas dan membuat pelaku usaha saling terhubung.

“Terlebih, adanya perkembangan teknologi, artificial intelligence semisal, mampu membaca data untuk merumuskan produk, keinginan pasar, fitur-fitur pemasaran, dan sebagainya. Hal ini sangat membantu para pelaku usaha mikro, seperti di pelatihan (webinar) ini,” kata Darfi.

Berdasarkan, laporan terbaru Bank Indonesia, transaksi perekonomian nasional di bidang e-commerce mencapai 434 triliun di akhir tahun 2022. Angka tersebut merupakan 88,95% dari total capaian yang ditargetkan.

Sementara itu, Kepala Bidang Statistik dan Pemberdayaan TIK Diskominfo, Anton Riyanto berharap melalui webinar ini UMKM Kota Tangerang semakin meningkat. Terutama dari segi pemasaran dalam memanfaatkan teknologi digital.

“Selain itu, kita juga mensosialisasikan E-Katalog sebagai salah satu ruang pemasaran yang dapat dimanfaatkan. Nantinya, secara tidak langsung dapat mengembangkan dan meningkatkan kesejahteraan usahanya,” tukasnya.

Tags : Digital , UMKM