Menlu RI Sebut Presiden Ordogan Apresiasi Bantuan Indonesia untuk Gempa Turki

| Jum'at, 17/02/2023 19:26 WIB
Menlu RI Sebut Presiden Ordogan Apresiasi Bantuan Indonesia untuk Gempa Turki Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI). (Foto: twitter @Menlu_RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi mengatakan bahwa Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas bantuan dari Pemerintah dan masyarakat Indonesia terhadap penanganan gempa bumi bermagnitudo 7,8 yang terjadi pada Senin, 6 Februari 2023 lalu.

"Bapak Presiden (Joko Widodo) sudah berbicara telepon dengan Presiden Erdogan dan dalam pembicaraan tersebut, Presiden Erdogan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh rakyat Indonesia dan juga Pemerintah Indonesia," kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 17 Februari 2023.

Diungkapkannya, bantuan dari Indonesia merupakan bantuan pertama yang diberikan dari negara kawasan ASEAN untuk penanganan gempa Turki dan Suriah.  Tim dari Indonesia juga turut menolong beberapa warga dari negara-negara ASEAN yang terdampak gempa di Turki. 

Selain itu, kata Retno, Pemerintah Indonesia sudah mengoperasikan rumah sakit lapangan untuk membantu korban gempa. "Saya mendapatkan update dari waktu ke waktu dari duta besar kita," tambahnya.

Retno melaporkan bahwa dua warga negara Indonesia (WNI) meninggal dunia akibat gempa di Turki. Dua korban jiwa tersebut merupakan ibu dan anak. Sementara terkait jumlah WNI yang dirawat, dia belum bisa memastikan.

Dia menjamin KBRI di Ankara, Turki, dan Damaskus, Suriah, akan proaktif membantu para WNI terdampak gempa.

Tags : Menlu RI , Turki , Gempa , Indonesia , Bantuan