Bangun Infrastruktur Transportasi Nasional, Pemerintah Genjot Pendanaan Kreatif

| Rabu, 01/03/2023 23:15 WIB
Bangun Infrastruktur Transportasi Nasional, Pemerintah Genjot Pendanaan Kreatif Terminal 3 Soekarno Hatta (foto: radarbangsa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menggenjot pendanaan kreatif (creative financing) pembangunan infrastruktur transportasi nasional.

“Sebagai insan perhubungan, kita harus punya semangat juang untuk membuat sarana dan prasarana transportasi di Indonesia menjadi lebih baik. Harus ada keberanian dan kreativitas di tengah keterbatasan yang ada,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam rilisnya, Rabu, 1 Maret 2023.

Menurut Menhub Budi menjelaskan bahwa pendanaan kreatif non APBN melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) terus dilakukan, untuk mempercepat pembangunan sarana dan prasarana transportasi.

“Dimana masih ada gap atau selisih yang cukup besar yaitu antara kebutuhan investasi infrastruktur transportasi dengan kemampuan pendanaan APBN,” jelasnya.

Berdasarkan RPJMN 2020-2024, imbuh Menhub Budi, kebutuhannya mencapai Rp. 1.288 Triliun dan masih ada gap dengan sumber pendanaan APBN per tahunnya sekitar 40-65%.

“Proyek KPBU di Kemenhub jumlahnya semakin bertambah. Hingga saat ini, sudah ada 17 proyek KPBU yang terdiri dari: 2 (dua) proyek di sektor transportasi udara, 4 (empat) proyek di sektor transportasi laut, 9 (sembilan) proyek di sektor transportasi darat dan perkotaan, dan 2 (dua) proyek di sektor perkeretaapian,” tukasnya.

Tags : Transportasi , Kemenhub , Kemenkeu