Hadapi Mudik Lebaran, Kemenhub, Korlantas Polri dan Jasa Marga Bakal Terapkan Rekayasa Lalu Lintas

| Senin, 27/03/2023 20:15 WIB
Hadapi Mudik Lebaran, Kemenhub, Korlantas Polri dan Jasa Marga Bakal Terapkan Rekayasa Lalu Lintas Gerbang Tol (foto: pupr)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa kementeriannya akan bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas) dan Jasa Marga akan menerapkan rencana rekayasa lalu lintas yang lebih terukur daripada sebelumnya.

“Masalah peningkatan lalu lintas selama musim liburan yang akan datang diatasi dengan penambahan kapasitas sistem transportasi seperti kereta api, kapal laut, dan pesawat udara,” kata Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin, 27 Maret 2023.

Menurut Menhub Budi, kerja sama dengan Korlantas dalam rencana rekayasa lalu lintas dapat mengatasi hal ini melalui arus lalu lintas satu arah, contraflow, dan aturan ganjil-genap terutama untuk mengantisipasi potensi kemacetan di tol Cipali.

“Cipali itu, Mas tahu bahwa dari Jakarta sampai kilometer 66 empat jalur, empat-empat, jadi delapan jalur. Dan, setelah kilometer 66 itu dua-dua jalur. Nah di situlah rekayasa lalu lintas akan dilakukan, baik itu one way, contraflow, atau satu lagi yang akan kita terapkan adalah ganjil genap,” kata Menhub Budi.

“Ganjil genap ini memang kita hati-hati melakukan karena mengingat perjalanan dari Medan, dari Palembang, sampai Jakarta mesti tertunda tapi kita akan diskusikan,” sambungnya.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberikan perhatian lebih di pelabuhan penyebrangan antar pulau pada musim mudik lebaran 2023 ini.

“Setiap tahunnya saat masa mudik berlangsung Pelabuhan Merak cukup padat bahkan sampai melampaui batas,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin, 27 Maret 2023.

Menhub Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, saat ini di Merak terdapat 7 pelabuhan dan terdapat tambahan 5 pelabuhan di Ciwandan. Termasuk Pelabuhan Indah Kiat bisa difungsikan pasa music mudik tahun ini.

“Kapolri minta beberapa Pelabuhan seperti di Indah Kiat, di Bakau Jaya itu difungsikan. Sehingga, titik keberangkatan itu tidak saja di Merak tetapi ada di Ciwandan, ada di Indah Kiat, dan ada juga di Bakau Jaya,” terangnya.

Tags : Mudik Lebaran , Arus Mudik , Kemenhub