Gus Imin: Posyandu Pilar Desa, Terbukti Punya Peran Unggul

| Kamis, 20/04/2023 19:53 WIB
Gus Imin: Posyandu Pilar Desa, Terbukti Punya Peran Unggul Gus Imin apresiasi penyerahan sarana dan prasarana penunjang Posyandu se Kabupaten Demak, Rabu (19/4). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin) mengapresiasi Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui Corporate Social Responsibility (CSR) yang senantiasa hadir dan peduli kepada masyarakat, terutama terkait dengan bantuan sarana dan prasarana Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). 

Hal itu Gus Imin sampaikan saat CSR BRI menyerahkan bantuan sarana dan prasarana untuk Posyandu se Kabupaten Demak, Rabu, 19 April 2023. 

"Saya turut bangga dan senang bisa menjadi bagian dari acara penting ini, yaitu bagaimana pertemuan ini semakin produktif di bulan suci Ramadan, terutama perjuangan kita semua mewujudkan masyarakat yang sehat maju, masyarakat yang kuat, bangkit dan kokoh dalam menghadapi berbagai tantangan," kata Gus Imin. 

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyatakan, Posyandu adalah struktur terkecil dan terdepan dalam pelayanan kesehatan dari pemerintah yang dapat menjangkau masyarakat secara langsung. Di samping itu, posyandu juga mampu memberdayakan para ibu untuk memperhatikan kesehatan anak dan pola konsumsi keluarga. 

"Saya berterimakasih kepada BRI yang ikut menjadi bagian mendorong Posyandu kita untuk maju dan berkembang, berpartisipasi dalam menjaga kesehatan para ibu dan anak-anak," tutur Gus Imin. 

"Tentu ini menjadi gerakan yang patut kita jaga kita kelola dan tumbuh-kembangkan sebagai modal kekuatan seluruh komponen masyarakat dalam membangun bangsa," sambungnya. 

Gus Imin mengaku sudah berkeliling ke berbagai tempat dan menemukan fakta paling penting hari ini adalah semua kemajuan dan perkembangan pembangunan sangat ditentukan oleh partisipasi dan keterlibatan masyarakat paling bawah, yaitu Desa. "Dan salah satu pilarnya (Desa) adalah Posyandu yang itu terbukti dalam semua sejarah punya peran unggul," ungkap Gus Imin. 

Karena itu posisi para Kepala Desa dinilai Gus Muhaimin punya peran yang sangat penting dalam mewujudkan kemajuan Indonesia. Terlebih sejak diterapkannya UU Desa pada 2015 silam, model pembangunan sudah diubah bukan lagi dari atas, tetapi dari bawah. 

"Ke depan ini (peran Desa dan Posyandu) perlu terus kita tingkatkan. Saya ingat betul saat UU Desa ini diterapkan apalah para Kades mampu menyelesaikan pembangunan dan dipercaya mengelola anggaran, terbukti enam tahun ini berjalan berhasil," tukas Gus Imin. 

Acara tersebut turut dihadiri oleh Bupati Demak dr. Hj. Eisti'anah, S.E., Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Drs. H. Fathan Subchi, M.AP, Pengasuh PonPes API Tegalrejo Gus Yusuf Chundlori, Wakil Ketua DPRD Demak H. Zayinul Fata, Wakil Bupati Demak K.H. Ali Makhsun, M.Si, Sekda Demak Akhmad Sugiharto, S.T., MT, serta ratusan kader Posyandu se Demak.

Tags : Gus Imin , CSR , Posyandu , Demak , BRI , Desa