Komisi VI DPR Dorong Pemerintah Terapkan Pembayaran Tanpa Kartu di Gerbang Tol

| Rabu, 03/05/2023 20:28 WIB
Komisi VI DPR Dorong Pemerintah Terapkan Pembayaran Tanpa Kartu di Gerbang Tol Gerbang tol Gabus (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VI DPR RI Rudi Hartono Bangun mendorong pemerintah melalui BUMN terkait untuk mempercepat penerapan teknologi sistem pembayaran tanpa kartu di gerbang Tol.

"Model pembayaran kartu otomatis seperti stiker yang ditempel mobil atau disebut sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) sehingga mobil tidak perlu lagi berhenti menempelkan kartu tapi langsung portal itu terbuka otomatis dengan kecepatan tinggi akan membuat siklus kendaraan itu lancar semua," tukas Rudi Hartono di Bandung, Selasaa, 2 Mei 2023.

Kepada Jasa Marga, Rudi Hartono menyampaikan bahwa selain banyak menambah pintu-pintu tol masuk dan pintu tol keluar karena penambahan mobil makin tahun makin banyak tapi penambahan jalan tidak sebanyak penambahan kendaraan jadi harus di buat pintu-pintu rekayasa lalu lintas serta jalan-jalan alternatif sehingga mobil yang keluar masuk pintu tol dan yang datang dari Jawa dan keluar ke Jakarta semua lancar tidak terjadi penumpukan.

"Salah satu kelebihan sistem MLFF adalah pengguna jalan tol tidak perlu berhenti di gerbang tol apalagi mengantri saat melakukan pembayaran di gerbang tol. Gerbang tol memang menjadi salah satu titik kemacetan di jalan tol,” imbuhnya.

“Apalagi jika musim liburan atau mudik lebaran seperti yang terjadi tahun ini. Dengan MLFF, diharapkan tidak ada kepadatan apalagi kemacetan di gerbang tol," tutup Rudi Hartono.

Tags : Gerbang Tol , Komisi VI DPR

Berita Terkait