Pemerintah Siap Bangun Rusun Cisaranten di Kota Bandung

| Senin, 10/07/2023 22:14 WIB
Pemerintah Siap Bangun Rusun Cisaranten di Kota Bandung Rumah Susun (ilustrasi) foto: istimewa

RADARBANGSA.COM – Pemerintah sedang mempersiapkan pembangunan Hunian Idaman Rumah Susun (Rusun) milik/Sertifikat Kepemilikan Bangunan Gedung (SKBG) di Kota Bandung, Jawa Barat.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Herry Trisaputra Zuna mengatakan, proyek tersebut adalah Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Rusun Cisaranten Bina Harapan Kota Bandung.

"Kami mengapresiasi dukungan yang telah diberikan oleh Pemerintah Kota Bandung. Proyek KPBU Rusun Cisaranten akan menyediakan 1879 unit. Rusun ini akan memiliki 10-11 lantai dengan kombinasi mulai dari studio, 1BR, 2 BR, 3 BR hingga  unit khusus difable," kata Herry dalam keterangannya, Minggu, 9 Juli 2023.

Herry menjelaskan bahwa rumah susun akan dibangun dengan skema SKBG, yaitu kepemilikan rumah susun terbatas selama 60 tahun yang dapat diperpanjang selama 30 tahun, sebelum dikembalikan ke pemerintah pada akhir masa SKBG.

"Lokasi Proyek KPBU Rusun Cisaranten strategis dekat pusat kota bandung, sekitar Jl AH Nasution Kota Bandung. Rumah Susun Cisaranten akan memiliki fasilitas yang lengkap mengusung tema bangunan gedung hijau dengan view riverside, yang ekonomis dan ramah lingkungan," jelas Herry.

Sementara itu, kata Herry, untuk harga rusun nantinya akan terjangkau mulai dari Rp250 juta, cicilan ringan dan akan mendapatkan subsidi pembiayaan dari pemerintah bagi yang memenuhi syarat.

“bagi warga Bandung untuk dapat mulai mendaftarkan diri dan memastikan menjadi salah satu penghuni rusun Cisaranten saat konstruksi selesai di 2025 nanti,” tukasnya.

Tags : Rumah Susun , Cisaranten , Bandung , PUPR

Berita Terkait