Kesbangpol Tangerang Gelar Sosialisasi Penguatan Etika Budaya Politik bagi Kader Parpol

| Selasa, 18/07/2023 22:03 WIB
Kesbangpol Tangerang Gelar Sosialisasi Penguatan Etika Budaya Politik bagi Kader Parpol Kesbangpol Tangerang melalukan sosialisasi penguatan etik berpolitik bagi kader partai (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggelar kegiatan sosialisasi penguatan etika budaya politik bagi kader 18 partai politik (parpol) di Hotel Istana Nelayan, Tangerang, Selasa (18/07/2023).

Sekretaris Badan Kesbangpol, HA Kasori menyampaikan bahwa tujuan digelarnya kegiatan tersebut guna mensukseskan gelaran Pemilu 2024 mendatang dan juga untuk menjaga kondusivitas dan keamanan menjelang tahun politik.

"Ini merupakan salah satu upaya kami untuk menjaga kondusivitas menjelang tahun politik 2024. Pemkab Tangerang perlu untuk memberikan sosialisasi agar pemilu dan pilkada nanti dapat terlaksana dengan sukses, aman, jujur dan adil," kata Kasori.

Menurut Kasori, kader politik harus memiliki budaya politik yang baik jelang pelaksanaan Pilkada 2023. Hal tersebut dapat mempengaruhi pola perilaku masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. Selain itu, etika budaya politik merupakan salah satu pondasi dasar dalam pesta demokrasi mulai dari pemilihan legislatif, pilkada hingga pemilu.

"Suksesnya pesta demokrasi juga dapat dibagun dari pemahaman masyarakat tentang etika budaya politik, sehingga nantinya dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dan dapat mempengaruhi kualitas demokrasi di Indonesia," tukasnya.

Tags : Pemilu 2024 , Partai Politik